Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Resep Perkedel Kentang Nikmat untuk Lauk Maupun Camilan, Coba Buat Yuk!

Menu satu ini dikenal sebagai makanan yang tidak hanya nikmat disantap sebagai lauk pendamping, tetapi juga cocok dijadikan camilan di saat santai.

Penulis: Muhammad Fitrah Habibullah
Editor: Anniza Kemala
zoom-in Resep Perkedel Kentang Nikmat untuk Lauk Maupun Camilan, Coba Buat Yuk!
Istimewa
Perkedel kentang. 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu hidangan kentang yang paling populer adalah perkedel kentang. Menu satu ini dikenal sebagai makanan yang tidak hanya nikmat disantap sebagai lauk pendamping, tetapi juga cocok dijadikan camilan di saat santai.

Resep perkedel kentang, yang awalnya dikenal sebagai "frikadel" atau "frikadel kentang" pada masa penjajahan Belanda, memiliki pengaruh budaya dari berbagai negara. Kini, hidangan ini berkembang menjadi salah satu hidangan favorit dalam masakan Indonesia.

Kombinasi antara rasa gurih dari kentang, bumbu-bumbu rempah yang begitu khas, serta tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, membuatnya menjadi camilan yang nikmat untuk disantap. Tidak heran jika perkedel kentang sering menjadi pilihan utama untuk hidangan pembuka atau camilan di berbagai acara.

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat perkedel kentang di rumah, caranya tidak sulit, kok. Berikut adalah resep perkedel kentang yang bisa kamu coba!

Resep perkedel kentang

Resep perkedel kentang, lauk sederhana yang cocok jadi pendamping sop daging dan camilan.
Resep perkedel kentang, lauk sederhana yang cocok jadi pendamping sop daging dan camilan. (shutterstock)

Bahan-bahan:

  • 500 gr kentang, kupas, potong tebal 1cm
  • 100 gr ayam, potong cincang
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm irisan daun bawang
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1 butir putih telur, kocok lepas
  • Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam secukupnya

Cara membuat:

BERITA TERKAIT

Langkah pertama, panaskan 2 sdm minyak goreng dan tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan daging ayam, garam, merica, dan pala, lalu aduk rata. Angkat setelah matang.

Goreng kentang hingga kuning kecoklatan. Lalu lumatkan dan campur dengan tumisan daging ayam, daun bawang, kuning telur, bawang goreng, dan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam. Aduk rata.

Bagi adonan menjadi 10 bagian dan bentuk bulat gepeng. Celupkan ke kocokan telur, lalu goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan setelah matang. Perkedel kentang siap disantap sebagai camilan ataupun lauk makan siang. 

Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam tak hanya cocok untuk membuat perkedel kentang. Kamu pun bisa mencoba membuat menu khas Indonesia lainnya dengan produk ini, seperti kerak telor agar makin gurih dan nikmat. Berikut resep lengkapnya!

Resep Kerak Telor

Bahan-bahan:

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas