Tribun

Bursa Capres

Pengamat Nilai Pernyataan Dukungan Presiden Jokowi Kepada Prabowo Subianto Bukan Tanpa Alasan

Analis Politik Arif Nurul Imam menilai pernyataan Jokowi soal dukungan terhadap Probowo Subianto tersebut tepat dan bukan tanpa alasan.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Pengamat Nilai Pernyataan Dukungan Presiden Jokowi Kepada Prabowo Subianto Bukan Tanpa Alasan
Tribunnews.com/Gita Irawan, YouTube Sekretariat Presiden
Prabowo Subianto (kiri), dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) (kanan). Analis Politik Arif Nurul Imam menilai pernyataan Jokowi soal dukungan terhadap Probowo Subianto tersebut tepat dan bukan tanpa alasan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melontarkan pernyataannya soal restu untuk Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Ia mengatakan sejak awal mendukung Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Pernyataan Presiden tersebut disampaikan menanggapi pertanyaan wartawan mengenai restu terhadap Prabowo untuk maju sebagai calon presiden (capres) Pemilu 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022).

Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menilai pernyataan Jokowi tersebut tepat dan bukan tanpa alasan.

Pernyataan Presiden Jokowi tersebut tak lepas dari agenda program kerja yang telah dirintis Jokowi.

Baca juga: Kata Prabowo soal Didukung Jokowi Terkait Maju Capres: Sudah Jelas dari Ucapannya

Dukungan ini juga bisa dibaca sebagai cara untuk memastikan kesinambungan program Jokowi yang selama ini telah dikerjakan.

"Jika berbicara program, dukungan Jokowi pada Prabowo saya kira sudah tepat karena Prabowo memiliki komitmen melanjutkan program yang telah dilakukan Jokowi," ujar Arif, Jumat (4/11/2022).

Pernyataan dukungan tersebut, kata Arif juga karena adanya faktor chemistry antara Jokowi dan Prabowo.

Baca juga: Pernyataan Jokowi Dukung Prabowo, Pengamat: Ada Dua Kemungkinan Pilpres 2024 atau Perkuat Pertahanan

Keduanya selama ini terlihat memiliki kedekatan khusus, misalnya Prabowo kerap menggantikan Jokowi di acara-acara penting.

"Jadi dukungan Jokowi ke Prabowo saya kira berasal dua hal tadi, kepastian melanjutkan program dan chemistry yang terbangun selama ini," katanya.

Pernyataan Jokowi tentang dukungan terhadap Prabowo ini disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan soal apakah akan memberikan restu kepada Prabowo maju di pilpres 2024, di mana Prabowo selama ini selalu memberikan pujian kepada Jokowi terkait penanganan pandemi dan urusan lainnya.

"Sudah sejak awal, kok restu-restu, sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau," kata Jokowi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas