Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yusril Klaim Pahami Keinginan Megawati: Kesal Sudah Didik Kader Tapi Kalah Sama yang Populer

Yusril Ihza Mahendra mengklaim dirinya memahami keinginan PDIP mendorong agar pemilu menggunakan sistem proporsional tertutup.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Yusril Klaim Pahami Keinginan Megawati: Kesal Sudah Didik Kader Tapi Kalah Sama yang Populer
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra saat ditemui selepas sidang uji materiil UU No. 7/2017 tentang Pemilu proporsional terbuka di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengklaim dirinya memahami keinginan PDIP mendorong agar pemilu menggunakan sistem proporsional tertutup.

Menurutnya, partai sudah mendidik kader namun akhirnya tak mampu bersaing dengan figur yang populer dan memiliki finansial yang cukup.




Tak hanya itu, Yusril menilai caleg yang dipilih berdasarkan ketokohan dan memiliki uang sulit dikontrol parpol setelah menjadi anggota legislatif.

"Saya bisa memahami mengapa Ibu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu kesal," kata Yusril Ihza Mahendra selepas sidang uji materiil UU No. 7/2017 tentang Pemilu proporsional terbuka di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2023).

"PDIP sudah mendidik kader kader, tapi kader kader ini dikalahkan yang kemudian populer orang yang punya duit. Begitu sudah menjadi anggota DPR enggak bisa dikontrol sama partainya dan partainya itu bisa dikooptasi oleh calon calon seperti ini," ujarnya menambahkan.

Yusril melanjutkan bahwa saat ini hanya tersisa dua parpol yang memiliki ideologi, yakni PBB dan PDIP.

BERITA TERKAIT

Sisanya, lanjut dia, tidak berpegang teguh pada ideologi politik.

"Partai ideologis ini kan cuma tinggal dua PDIP sama PBB, yang lain lain kan partai pragmatis semua, bukan partai ideologis. Enggak ada akar idelogisnya," tuturnya.

Padalah, kata Yusril, partai politik merupakan wadah untuk menyalurkan pemikiran orang-orang yang pemikiranya sama.

Namun, masih banyak caleg yang justru tak mengrtahui ideologi partai.

"Ada yang enggak tahu ideologi PDIP seperti apa enggak tahu ideologi PBB seperti apa. Karena dia terkenal terpilih menjadi anggota DPR. Di DPR kan dia berpikir mau-maunya sendiri, kan, repot gitu," kata dia.

Baca juga: Bicara Proporsional Tertutup, Yusril: Politik Uang Bisa Terjadi di Sistem Manapun

Proporsional Terbuka Lemahkan Parpol, Pemilih dan Pemilu

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan sistem pemilu proporsional terbuka pada akhirnya melemahkan partai, pemilih dan pemilu itu sendiri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas