Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Try Sutrisno Ungkap Tiga Kriteria Cawapres Ideal Pemilu 2024

Mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno membeberkan kriteria calon wakil presiden ideal yang pantas maju dalam Pemilu 2024 mendatang.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Try Sutrisno Ungkap Tiga Kriteria Cawapres Ideal Pemilu 2024
Tribunnews.com/Yanuar Nurcholis Majid
Try Sutrisno. Mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno membeberkan kriteria calon wakil presiden ideal yang pantas maju dalam Pemilu 2024 mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno membeberkan kriteria calon wakil presiden ideal yang pantas maju dalam Pemilu 2024 mendatang.

Terdapat tiga kriteria yang menurut Try Sutrisno harus dimiliki oleh seorang cawapres.

Menurut Try Sutrisno, dua hal pertama yang harus dimiliki cawapres, adalah pemikiran dan hati yang baik.

"Calon wakil presiden, tadi basisnya sudah saya sebut, tiga itu. Ini (pegang kepala) hatinya jahat, korupsi, menyabet kancane (temannya)," ucap Try Sutrisno di kediamannya, Jln Purwakarta, Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

"Ini (pegang kepala) baik, ini (nunjuk hati) lembek, jangan. (Nunjuk kepala) baik, (nunjuk hati) baik," tambah Try Sutrisno.

Hal tersebut diungkapkan oleh Try Sutrisno setelah menerima kunjungan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di kediamannya.

Selain itu, Try Sutrisno mengatakan seorang pemimpin harus memiliki iman dan ketakwaan yang baik.

BERITA TERKAIT

"Kita ini bertuhan kan. Ketuhanan, agama apapun itu berketuhanan. Tuhan itu memberikan ajaran, intinya pada iman, percaya, dan takwa. Jadi pemimpin itu terang pikirannya, bersih hatinya, dan mantap iman takwanya," ucap Try Sutrisno.

Dirinya menilai tiga kriteria tersebut harus menjadi pegangan bagi seorang calon pemimpin untuk maju memimpin bangsa.

"Insya Allah kalau tiga ini dijadikan pegangan, kalau mau tidur, inget lah, saya hari ini berbuat apa, kalau berbuat baik, besok saya lebih baik. Kalau saya hari ini jelek. Harus minta maaf malam itu, 'Ya Tuhan saya minta maaf' supaya ada dimaafkan, bersih hidupnya," pungkas Try Sutrisno.

Baca juga: Try Sutrisno Beri Pesan Khusus ke Prabowo Subianto soal Pilpres 2024

Seperti diketahui, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melanjutkan safari politiknya ke para mantan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pagi ini, Cak Imin menyambangi rumah Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Sabtu (20/5/2023). Sekira pukul 10.02 WIB, Cak Imin tiba bersama para pengurus PKB.

Cak Imin ditemani Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wasekjen Syaiful Huda, dan dua Wakil Ketua Umum PKB, yakni Muhammad Hanif Dhakiri, dan Jazilul Fawaid.

Kunjungan ke rumah Try Sutrisno ini merupakan bagian dari rangkaian safari politik Cak Imin ke para wakil presiden RI.

Sebelumnya, Cak Imin menyambangi Hamzah Haz, Jusuf Kalla, Boediono, dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas