Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PAN Deklarasi Capres Beberapa Pekan Lagi, Kisi-kisi Figurnya Bisa Bawa Kemenangan di Pilpres 

PAN dipastikan bakal mendeklarasikan figur yang diusung menjadi capres di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dalam beberapa pekan kedepan.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PAN Deklarasi Capres Beberapa Pekan Lagi, Kisi-kisi Figurnya Bisa Bawa Kemenangan di Pilpres 
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan saat tiba di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023). PAN mendaftarkan 580 bakal calon legislatif (caleg) anggota DPR ke KPU untuk ikut Pemilu 2024 mendatang. PAN dipastikan bakal mendeklarasikan figur yang diusung menjadi capres di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dalam beberapa pekan kedepan. Nantinya Zulkifli Hasan atau Zulhas selaku Ketua Umum PAN yang bakal mengumukan secara langsung sosok cawapres tersebut. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) dipastikan bakal mendeklarasikan figur yang diusung menjadi calon presiden (capres) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Keputusan itu bakal diumumkan dalam waktu beberapa pekan lagi.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga menyampaikan bahwa nantinya Zulkifli Hasan atau Zulhas selaku Ketua Umum PAN yang bakal mengumukan secara langsung sosok cawapres tersebut.

"Bahwa Ketum PAN Bang Zulhas diberikan mandat oleh partai untuk menentukan langkah-langkah strategis dalam penentuan pasangan capres dan cawapres tunggu dalam beberapa pekan kedepan," kata Viva Yoga saat ditemui di di Kantor Populi Center, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Ia melanjutkan soal sosok kisi-kisi calon presiden (capres) yang bakal diusung oleh PAN.

Adapun calon itu nantinya diperkirakan bisa membawa kemenangan di Pilpres 2024.

"Kisi-kisinya PAN ingin menang di pemilu presiden," jelas Viva Yoga.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Viva mengakui partainya memang dekat dengan tiga poros kekuatan politik yang telah mendeklarasikan diri menjadi capres.

Mereka adalah Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Baca juga: Airlangga Beri Sinyal Kuat Maju Capres Bepasangan dengan Zulhas, Koalisi Golkar-PAN Penuhi Syarat PT

Ia menuturkan bahwa ketiga nama itu yang bisa saja menjadi kadidat terkuat mengenai arah politik dari PAN.

Namun, nantinya pihaknya akan segera melakukan pertemuan politik dengan partai Golkar.

"Dengan Mas Ganjar Pranowo dekat sekali, dengan Prabowo Subianto dekat sekali kan juga sudah pernah dua kali untuk di pilpres 2014 dan 2019 apalagi dengan Airlangga sangat dekat sekali baru bersama-sama dari Amerika Serikat. Nanti akan ada pertemuan lagi lanjutan antara Golkar dengan PAN," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu usai menghadiri kegiatan pertemuan tingkat menteri dalam ajang Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), di Amerika Serikat (AS).

Keduanya bertemu di tengah perbincangan soal wacana duet capres-cawapres serta koalisi partai politik jelang Pilpres 2024. 

Airlangga mengatakan dirinya dengan Zulhas memang sejak lama sudah bersama dan terpenting punya tiket untuk mengusung pasangan capres dan cawapres.

“Kami memang sejak lama bersama-sama kuat dan yang paling penting punya tiket,” Kata Airlangga di McNamara Airport, Detroit, AS (25/5/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu usai menghadiri ajang Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), di Amerika Serikat (AS), Kamis (25/5/2023).
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu usai menghadiri ajang Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), di Amerika Serikat (AS), Kamis (25/5/2023). (Ist)

Ditanya soal kemungkinan berpasangan dengan Zulhas pada Pilpres 2024 mendatang, Airlangga berujar mereka berdua kerap bertukar pikiran mengenai persoalan bangsa.

Terlebih keduanya sama-sama menjalankan tugas di bidang ekonomi pada Kabinet Indonesia Maju.

“Saya dan Pak Zul punya hubungan yang sangat baik. Kami sering komunikasi, bertukar pikiran, mencari solusi terbaik untuk berbagai persoalan bangsa ini. Di kabinet, saat ini kami sama-sama di bidang ekonomi,” tutupnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas