Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elektabilitas Erick Thohir Tinggi, Dinilai Dapat Membawa Insentif Elektoral ke Capres

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 20-24 Juni 2023 elektabilitas Erick Thohir kokoh tempati posisi puncak

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Elektabilitas Erick Thohir Tinggi, Dinilai Dapat Membawa Insentif Elektoral ke Capres
dok: PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat melakukan konferensi pers terkait persiapan Piala Dunia U-17 di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (25/7/2023). Erick Thohir dinilai dapat membawa insentif elektoral besar bagi calon presiden (capres) manapun. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai dapat membawa insentif elektoral besar bagi calon presiden (capres) manapun.

Erick Thohir potensial dipinang cawapres lantaran punya elektabilitas yang tinggi.

“Misal dari sisi elektoral siapa yang potensial mengusung mendukung atau memberikan kontribusi elektoral,” tutur Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI), Burhanuddin Muhtadi.

Baca juga: Anak Mendiang Rachmawati Soekarno Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Dia mengatakan, Erick Thohir semakin menarik untuk diusung sebagai cawapres lantaran punya banyak keunggulan besar. Salah satunya menyoal tingkat elektabilitas berada di posisi teratas.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 20-24 Juni 2023. Elektabilitas Erick Thohir kokoh tempati posisi puncak dengan tingkat elektabilitas cawapres sebesar 22,9 persen.

Tren elektabilitas positif Erick Thohir konsisten menguat sudah sejak bulan sebelumnya. IPI mencatat, elektabilitas Ketua Umum PSSI ini naik mulai dari Maret 11,3 persen kemudian April dengan 17,3 persen.

Baca juga: Sukses Beri Solusi Jiwasraya, Pengamat Yakin Erick Thohir Mampu Jadi Problem Solver BUMN Bermasalah

Hadirnya temuan tersebut, dia menambahkan, semakin menjadi gambaran sangat kuat. Utamanya menyoal besarnya keterpilihan Erick Thohir sebagai cawapres pada Pilpres mendatang.

“Suka atau tidak suka sudah ada banyak lembaga yang melihat pergerakan positif Erick Thohir sebagai cawapres pilihan,” terang Burhanuddin.

Dia menambahkan Ketua Umum PSSI ini menjadi sosok cawapres yang semakin menguat. Hal demikian juga dikuatkan dengan potensi kepemimpinan terujinya yang konsisten ditunjukkan sampai sekarang.

Erick Thohir berhasil membawa BUMN mencatatkan laba kenaikan sangat signifikan. Mulai dari Rp13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp124 triliun di 2021. Kemudian di tahun 2022, laba Kementerian BUMN kembali naik menjadi sangat signifikan besar.

Lebih lanjut dia menyebut. bahwa potensi kemenangan pada Pilpres akan semakin membesar. Terutama bila melihat capaian elektoral positif Erick Thohir yang berpeluang sebagai figur cawapres unggulan Pilpres.

“Jadi perlu cawapres yang secara elektoral kuat,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Punya Elektabilitas Tinggi Buka Peluang Erick Thohir Jadi Figur Cawapres Terkuat

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas