Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elektabilitas Tinggi, Erick Thohir Dinilai Sosok yang Dipertimbangkan jadi Cawapres Prabowo

Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang sangat dipertimbangkan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Elektabilitas Tinggi, Erick Thohir Dinilai Sosok yang Dipertimbangkan jadi Cawapres Prabowo
Istimewa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pabrik PT Pindad yang berada di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Senin, (24/7/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang sangat dipertimbangkan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk mendampingi Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Eks Presiden Inter Milan Itu dinilai memiliki banyak keunggulan untuk diusung sebagai pendamping capres.

Direktur Eksekutif Komunikonten Hariqo Wibawa Satria mengatakan selain kinerja, faktor elektabilitas dan logistik dapat mengantarkan Erick Thohir menjadi Cawapres.

"Tentu menjadi satu pertimbangan (logistik dan elektabilitas) kan di samping menjadi lebih banyak muncul di media karena dia juga menjabat ketua PSSI, BUMN," kata Hariqo kepada wartawan seperti dikutip pada Minggu (20/8/2023). 

Dalam sejumlah survei memang menunjukkan menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres. Erick Thohir mampu mengalahkan nama-nama tenar lainnya.

Hasil survei Voxpol Center periode 24 Juli hingga 2 Agustus 2023 menempatkan Erick di puncak elektabilitas dengan torehan suara sebesar 34,3 persen. 

Jumlah tersebut mengungguli Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi kedua dengan 30,3 persen dan Khofifah Indra Parawansa dengan 15,3 persen.

BERITA REKOMENDASI

Hasil senada juga dikeluarkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada periode 1-8 Juli 2023. Anggota Kehormatan Banser NU itu sukses menempati peringkat pertama dengan raihan angka sebesar 21,2 persen.

Selain itu, Hariqo juga menyebut Erick Thohir memiliki kesamaan dengan Prabowo. Sebab, baik Erick Thohir maupun Prabowo adalah sosok yang nasionalis.

Baca juga: Soal Kans Jadi Cawapres Prabowo, Erick Thohir: Mesti Izin Parpol Koalisi Dulu

"Erick Thohir figurnya sama kayak Prabowo, figurnya nasional lah," ujar Hariqo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas