Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kandidat Capres Berlomba Rebut Hati Anak Muda, PSI Dinilai Jeli Gaet Kaesang Jadi Ketua Umum

Dari sekian ratus juta jumlah DPT Nasional itu, sebanyak 52 persen atau sekitar 106.358.447 jiwa merupakan pemilih muda.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Erik S
zoom-in Kandidat Capres Berlomba Rebut Hati Anak Muda, PSI Dinilai Jeli Gaet Kaesang Jadi Ketua Umum
HandOut/IST
Diah Warih Anjari, Ketua Umum Relawan Brigade #01 bersama relawan. 

Laporan Hasiolan EP/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Nasional untuk Pemilu 2024 sebesar 204.807.222 jiwa. 

Dari sekian ratus juta jumlah DPT Nasional itu, sebanyak 52 persen atau sekitar 106.358.447 jiwa merupakan pemilih muda.




Berdasarkan fakta ini pula bisa dipastikan dominasi pemilih muda akan menjadi faktor penentu dalam pemenangan pilpres terseru dalam sejarah perpolitikan Indonesia.

Baca juga: Pengamat: demi Marwah PDIP Harusnya Megawati Berani Sindir Jokowi Soal Kaesang Gabung PSI

Diah Warih Anjari, Ketua Umum Relawan Brigade #01 melihat potensi suara terbesar ini dibidik oleh kandidat capres berikut tim pemenangannya.

Jumlah pemilih muda yang fantastis sebagai sasaran utama.

Lalu, pertanyaan yang diajukannya, sejauh mana para kandidat ini bisa menggaet dan memenangkan hati para pemilih pemula ?

BERITA TERKAIT

“Ini yang menjadi PR besarnya. Belum tentu lho, kandidat capres-cawapres yang ada sekarang ini diminati oleh pemilih muda ini. Belum tentu! Nah, menurut saya tantangan inilah yang harus dipecahkan oleh para kandidat,” terang Diah Warih saat diwawancari Sabtu (30/9/2023) di Jakarta.

Diwa sapaan Diah Warih Anjari mengakui partai pengusung kandidat baik itu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sudah menginjak pedal gas dalam-dalam untuk merebut hati pemilih muda ini.

Parpol pendukung dan pengusung pun tak mau berpangku tangan dan malah trengginas mengeluarkan trik terbaik lewat program, ide, gagasan, iming-iming, demi meminang hati pemilih muda ini.

Namun di mata aktivis perempuan dan pegiat sosial asli Solo ini, langkah sekian banyak parpol yang mati-matian merajuk pemilih muda ini belum ada apa-apanya.

Baca juga: PDIP Tak Khawatir Kaesang Gabung PSI: Tidak Segenting Itu

Baginya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang paling greget, konkret dan sempurna untuk meraih simpati pemilih muda ini.

Kenapa?

Dengan menempatkan sosok Kaesang Pangarep sebagai Ketum PSI, kata dia, didampingi sang istri Erina Gundono jelas PSI leading di depan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas