Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Paham Geopolitik, Andika Perkasa Dinilai Cocok Jadi Cawapres Ganjar

Andika Perkasa dinilai cocok jadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 karena punya pengetahuan geopolitik.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Paham Geopolitik, Andika Perkasa Dinilai Cocok Jadi Cawapres Ganjar
TRIBUNNEWS
Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Muhammad Andika Perkasa saat wawancara eksklusif di Tribunnews.com. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dinilai cocok menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Analis Politik dan Militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengatakan Andika memiliki pengetahuan yang kuat tentang geopolitik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dinilai cocok menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Analis Politik dan Militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengatakan Andika memiliki pengetahuan yang kuat tentang geopolitik.

Sebab, Selamat menyebut isu geopolitik tengah hangat dalam kondisi politik internasional, dengan berbagai ketegangan yang terjadi di berbagai belahan dunia.

“Untuk menghadapi situasi geopolitik, Andika bisa diandalkan. Termasuk mengurusi situasi pertahanan dan keamanan nasional, Andika bisa diandalkan," kata Selamat kepada wartawan dikutip pada Selasa (3/10/2023).

Dia juga menganggap sosok Andika sangat tepat dipilih menjadi pendamping Ganjar jika komposisi yang diinginkan adalah sipil-militer.

Terlebih, Selamat menuturkan sosok yang memiliki 4 brevet dari Amerika Serikat dan 1 dari Australia itu memiliki jejaring atau hubungan internasional yang baik.

“Pendidikannya tinggi, hubungan internasionalnya bagus, khususnya dengan Amerika Serikat. Kemampuan bahasa Inggrisnya juga bagus. Modal sosial jika harus melakukan diplomasi," ujar Selamat.

BERITA TERKAIT

Nama Andika memang sempat disebut-sebut masuk dalam bursa cawapres pendamping Ganjar.

Namun, sejauh ini partai politik (parpol) pendukung Ganjar belum memutuskan sosok cawapres.

Bakal calon presiden (bacapres) 2024 Ganjar Pranowo bersama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa di sela-sela acara bertajuk 'Ngopi Bareng Ganjar Pranowo Bersama Purnawirawan TNI/Polri' di Hotel Mercure Convention Centre, Ancol, Jakarta, Minggu (30/7/2023).
Bakal calon presiden (bacapres) 2024 Ganjar Pranowo bersama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa di sela-sela acara bertajuk 'Ngopi Bareng Ganjar Pranowo Bersama Purnawirawan TNI/Polri' di Hotel Mercure Convention Centre, Ancol, Jakarta, Minggu (30/7/2023). (Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda Prasetia)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas