Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Elektabilitas Kandidat Cawapres Terbaru: Erick Thohir Teratas, Dinilai Cocok Dampingi Ganjar

Hasil survei elektabilitas bacawapres terbaru menunjukkan Erick Thohir berada di posisi teratas, disusul Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil.

Penulis: Rifqah
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Survei Elektabilitas Kandidat Cawapres Terbaru: Erick Thohir Teratas, Dinilai Cocok Dampingi Ganjar
Dok. PSSI
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat menghadiri kegiatan groundbreaking national training center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat (22/9/2023) - Hasil survei elektabilitas bacawapres terbaru menunjukkan Erick Thohir berada di posisi teratas, disusul Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil. 

TRIBUNNEWS.COM - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil surveinya mengenai elektabilitas bakal calon wakil presiden (bacawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dikutip dari TribunJakarta.com, dalam hasil survei tersebut menunjukkan bahwa elektabilitas tertinggi diraih oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, yakni 18,6 persen.

Kemudian, disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno sebesar 15,7 persen.




Posisi ketiga diisi oleh mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil yang memperoleh elektabilitas sebanyak 10,2 persen.

Di bawahnya lagi, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 9,1 persen.

Dilanjutkan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus bacawapres dari Koalisi Perubahan, mendapatkan 7,6 persen.

Lalu, ada nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebanyak 7,3 persen dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebesar 6,6 persen.

Baca juga: Pengamat Sepakbola Sebut Wajar Jika Kinerja Erick Thohir Dapat Tingkat Kepuasan yang Tinggi

BERITA TERKAIT

Sebagai catatan, nama Gibran dihilangkan dari bursa cawapres karena umurnya belum memenuhi syarat berdasarkan aturan.

Sebagai informasi, populasi survei Poltracking Indonesia ini adalah WNI yang sudah memiliki hak pilih.

Metode survei dilakukan menggunakan cara wawancara tatap muka langsung dengan 1.220 responden terpilih pada 3-9 September 2023.

Metode sampel menggunakan multistage random sampling dengan surveyor dilakukan oleh minimal mahasiswa yang sudah mendapatkan pelatihan survei

Margin of error survei ini sekira 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Khofifah masuk radar PDIP dan Partai Gerindra, dinilai representasi sosok perempuan Nahdliyin, disebut cocok Cawapres hingga Timses - Hasil survei elektabilitas bacawapres terbaru menunjukkan Erick Thohir berada di posisi teratas, disusul Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil.
Khofifah masuk radar PDIP dan Partai Gerindra, dinilai representasi sosok perempuan Nahdliyin, disebut cocok Cawapres hingga Timses - Hasil survei elektabilitas bacawapres terbaru menunjukkan Erick Thohir berada di posisi teratas, disusul Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil. (tribunnews.com)

Sementara itu, dalam survei tersebut, juga ada nama Gubernur Jawa Timur (Jatim), yakni Khofifah Indar Parawansa.

Sebelumnya, ia ramai dibicarakan menjadi rebutan kubu bakal calon presden (bacapres) Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas