Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Kesepakatan Mahfud MD dan Megawati soal Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024, Apa Saja?

Mahfud MD dan Megawati Soekarnoputri membuat suatu kesepakatan, hingga akhirnya Mahfud MD menjadi cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in 3 Kesepakatan Mahfud MD dan Megawati soal Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024, Apa Saja?
Kolase Kompas TV
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (kiri), dan Menkopolhukam Mahfud MD (kanan). Megawati resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Mahfud MD dan Megawati Soekarnoputri membuat suatu kesepakatan, hingga akhirnya Mahfud MD menjadi cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, dan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia (PDIP), Megawati Soekarnoputri, membuat suatu kesepakatan, terkait menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Setidaknya terdapat 3 kesepakatan yang dibuat antara Mahfud MD dan Megawati.

Seperti diketahui, Mahfud MD resmi ditunjuk sebagai cawapres Ganjar pada Rabu (18/10/2023).




Pengumuman itu disampaikan Megawati secara langsung di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Lantas, apa saja kesepakatan antara keduanya?

Mahfud menyebut kesepakatan itu yakni:

Baca juga: Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar, Ganjarist: Kami Akan All Out Bergerak

- Melaksanakan konstitusi

BERITA TERKAIT

- Memberantas korupsi

- Menegakkan hukum untuk menuju Indonesia Emas 2045.

"Intinya (kesepakatan) hanya itu. Kesepakatan lainnya nggak ada. Kesepakatan politik ya hanya konstitusi itu yang berlaku paling tinggi," ujarnya, mengutip tayangan YouTube Kompas TV.

Mahfud: Tak Ada Konflik Kepentingan

Sementara terkait jabatannya sebagai Menkopolhukam, Mahfud menegaskan tidak akan ada conflict of interest atau konflik kepentingan.

Dirinya mengimbau baik TNI-Polri harus netral.

Bahkan, Mahfud menyebut akan mengawasinya.

Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dan Bakal Calon Wakil Presiden dari PDI Perjuangan Mahfud MD saat pengumuman Bakal Calon Wakil Presiden dari PDIP di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (18/10/2023). Mahfud MD resmi ditunjuk sebagai Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dan Bakal Calon Wakil Presiden dari PDI Perjuangan Mahfud MD saat pengumuman Bakal Calon Wakil Presiden dari PDIP di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (18/10/2023). Mahfud MD resmi ditunjuk sebagai Bakal Calon Presiden dari PDI Perjuangan untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca juga: Cuti Saat Kampanye, Mahfud MD Jalankan Tugas Awasi Prajurit TNI/Polri yang Tak Netral di Pemilu

"Ndak ada conflict of interest menyangkut saya. Karena saya justru akan mengawasi aparat TNI, Polri, dan birokrasi dilarang memihak, semuanya harus netral," katanya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas