Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Bicara Alutsista Pertahanan: Orientasinya Fungsi dan Teknologi, Bukan Jumlahnya

Anies juga menyebut ASEAN sebagai garda terdepan di Indo Pasifik, diharapkan dapat menciptakan stabilitas dan perdamaian.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Anies Bicara Alutsista Pertahanan: Orientasinya Fungsi dan Teknologi, Bukan Jumlahnya
YouTube CSIS
Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dalam acara bertajuk Pidato Calon Presiden Republik Indonesia: Arah dan Strategi Politik Luar Negeri yang digelar oleh Centre For Strategic and International Studies (CSIS), Rabu (8/11/2023). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon presiden Anies Baswedan berbicara alutsista pada sistem pertahanan Indonesia jangan lagi hanya berorientasi pada jumlah, tapi harus mengedepankan fungsi dan teknologinya.

Menurutnya hal ini jadi salah satu fokus serius dalam menata hard power yang dimiliki Indonesia, dan sebagai bagian dari pertahanan adaptif terhadap perubahan ancaman.

Hal ini disampaikan Anies saat memaparkan arah dan strategi politik luar negeri pada acara Centre for Strategic and International Studies (CSIS), seperti ditayangkan Kompas TV, Rabu (8/11/2203).

"Ketika kita bicara tentang New Essential Force, kita harus mendorong alutsista pada fungsi dan teknologi, tidak hanya soal jumlah," kata Anies.

Dia pun menyebut dengan fokus orientasi tersebut, diharapkan semua hal baik itu penempatan alutsistanya, adopsi teknologi, dan fungsi serta infrastrukturnya juga akan mengalami transformasi.

"Tapi harapannya, fungsinya, penempatannya, adopsi teknologinya, dukungan infrastrukturnya itu juga mengalami transformasi," kata Anies.

BERITA REKOMENDASI

Lebih lanjut Anies menyebut ASEAN sebagai garda terdepan di Indo Pasifik, diharapkan dapat menciptakan stabilitas, perdamaian kawasan yang didukung dengan mekanisme penyelesaian masalah yang lebih tegas.

"ASEAN sebagai garda terdepan di Indo Pasifik. Penjaringan ASEAN ini forum dialog utama antar kekuatan besar di Indo Pasifik, harapannya bisa menciptakan stabilitas, menciptakan perdamaian di kawasan, dan tentu didukung dengan mekanisme penyelesaian masalah yang lebih asertif, lebih tegas," ungkap Anies.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas