Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TPN Ganjar Mahfud Mengaku Belum Bangun Kesepakatan dengan KPU Soal Format Debat

Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menegaskan ihwal belum ada kesempatan yang terbangun sejauh ini antara pihaknya dengan KPU.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in TPN Ganjar Mahfud Mengaku Belum Bangun Kesepakatan dengan KPU Soal Format Debat
YouTube KompasTV
Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahmud, Todung Mulya Lubis. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengaku belum membuat kesepakatan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ihwal format debat capres cawapres peserta Pilpres 2024 mendatang.

Sebelumnya, Rabu(29/11/2023), KPU RI mengundang para pakar untuk berdiskusi terkait mekanisme debat. Sorenya, di hari yang sama, KPU lanjut mengundang tim masing-masing paslon pilpres untuk menyampaikan hasil diskusi dan membangun kesepakatan.

Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menegaskan ihwal belum ada kesempatan yang terbangun sejauh ini antara pihaknya dengan KPU. Ia justru menyebut Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, keliru.

"Saya tahu bahwa TPN masing-masing tim, masing-masing paslon itu sudah bertemu dengan pihak KPU. Sejauh yang saya tahu belum ada kesepakatan. Jadi kalau Ketua KPU menyatakan bahwa sudah ada kesepakatan, saya kira itu keliru, setahu saya belum ada kesepakatan mengenai hal ini," ujar Todung dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, Sabtu (2/12/2023).

Pihak TPN merasa keberatan atas format debat capres cawapres mendatang sebab dirasa berbeda seperti Pemilu 2019. Idealnya, kata Todung, ada tiga debat untuk capres dan dua debat untuk cawapres.

Dalam kesempatan beberapa waktu lalu, Hasyim mengatakan semua pasangan calon peserta Pilpres 2024 bakal hadir lengkap dalam lima kali debat capres cawapres mendatang. Ia pun menegaskan dari lima debat tersebut, tiga debat diperuntukkan kepada capres dan dua debat kepada cawapres

BERITA TERKAIT

Namun begitu, meski debat itu telah menyiapkan jatah bagi capres dan cawapres, Hasyim mengatakan para peserta pilpres itu tetap hadir secara lengkap. Hasyim menjelaskan, proporsi debatnya saja yang berbeda dalam pembagian tersebut.

Sehingga meski nanti yang sedang berlangsung adalah debat capres, para cawapres tetap punya wadah untuk menyampaikan gagasan, pun sebaliknya.

Perlunya pasangan calon hadir lengkap dalam setiap debat, seperti kata Hasyim, supaya publik dapat melihat teamwork atau kerja sama masing-masing capres cawapres.

KPU RI telah menetapkan tanggal debat capres cawapres yang bakal berlangsung di Jakarta, yakni: 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2023, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Adapun berikut tema debat capres cawapres Pilpres 2024:

- Debat pertama: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

- Debat kedua: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas