Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Bertemu Kelompok Disabilitas di Balikpapan, Ganjar Janji Pemerataan Akses Pendidikan

Menurut Ganjar, negara memberikan jaminan yang tak pandang bulu soal pendidikan. Maka sebagai pemimpin, wajib melaksanakan tugas untuk mendorong

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Bertemu Kelompok Disabilitas di Balikpapan, Ganjar Janji Pemerataan Akses Pendidikan
Istimewa
Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, melanjutkan kampanye terbukanya dengan menemui kelompok disabilitas di Loka Bina Karya Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/12/2023). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, melanjutkan kampanye terbukanya dengan menemui kelompok disabilitas di Loka Bina Karya Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (5/12/2023).

Pada pertemuan itu, Ganjar mendapatkan keluhan dari seorang penyandang disabilitas bernama Umar Fauzan. Ia mempertanyakan soal akses pendidikan bagi penyandang disabilitas yang belum merata di setiap provinsi.




"Terutama berkenaan dengan kami disabilitas yang mungkin kebijakan hanya sampai di kota besar. Semisalnya mengenyam pendidikan, karena ini akan berkaitan dengan SDM, kalo di kota besar teman-teman disabilitas bisa akses pendidikannya sampai ke S2 dan S3, ini perlu kepedulian dari pemerintah," kata Fauzan.

Fauzan kemudian bertanya kepada Ganjar, perihal ada atau tidaknya akses pendidikan merata bagi para kaum disabilitas di kota-kota kecil, jika terpilih sebagai presiden Indonesia.

"Ingin saya pertanyakan, apa kebijakan kalau jadi RI 1 (Presiden)? Seperti memberikan akses pendidikan dan dirasakan sampai ke daerah?" tanyanya.

Menjawab pertanyaan ini, Ganjar mengatakan akses pendidikan amat penting bagi semua kalangan, begitu juga dengan kelompok disabilitas.

BERITA TERKAIT

Menurut Ganjar, negara memberikan jaminan yang tak pandang bulu soal pendidikan. Maka sebagai pemimpin, wajib melaksanakan tugas untuk mendorong kebijakan tersebut.

“Kalau anak-anak ini dia punya prestasi bagus, dia bisa sampai S3, tidak peduli apakau dia selama ini yang mengikuti jalan jalur biasa atau berkebutuhan khusus, karena negara memberikan jaminan itu tidak pandang bulu. Maka tugasnya adalah mendorong mereka,” ujar Ganjar.

Baca juga: Harry Tanoe Klaim Said Aqil Siradj Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menerangkan sudah ada aturan bagi para disabilitas mendapatkan akses merata. Persoalannya hanya tinggal bagaimana melaksanakan aturan tersebut secara benar dan baik.

Ganjar kemudian menceritakan pengalamannya di Jawa Tengah yang memprioritaskan penyandang disabilitas, kaum perempuan dan anak-anak dalam penyusunan program pembangunan.

"Saya sudah pengalaman ketika musrenbang melibatkan mereka dan menjadi kelompok pertama menyampaikan pendapat," kata Ganjar.

Maka dari itu, Capres berambut putih ini menegaskan akan membawa program ramah disabilitas yang pernah dilakukan di Jawa Tengah ke tingkat nasional ketika terpilih sebagai presiden.

"Karena praktik sudah ada, maka saya mereplikasi saja,” tandas Ganjar.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo bertemu kelompok disabilitas yang ada di Loka Bina Karya Balikpapan, Kalimantan Timur pada Selasa (5/12/2023)/ istimewa

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas