Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dana Awal Kampanye Senilai Rp 1 Miliar, Jubir Timnas AMIN: Dapat Dukungan Tulus dari Akar Rumput

Dana awal kampanye paling sedikit berjumlah Rp 1 miliar, Jubir Timnas AMIN ungkap mendapat dukungan dari akar rumput simpatisan.

Penulis: Pondra Puger Tetuko
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Dana Awal Kampanye Senilai Rp 1 Miliar, Jubir Timnas AMIN: Dapat Dukungan Tulus dari Akar Rumput
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Juru bicara Timnas capres-cawapres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) Billy David Nerotumilena, ditemui di Rumah Perubahan, Jalan Diponegoro 10, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023) - Dana awal kampanye paling sedikit berjumlah Rp 1 miliar, Jubir Timnas AMIN ungkap mendapat dukungan dari akar rumput simpatisan. 

TRIBUNNEWS.COM - Komisi Permilihan Umum (KPU) RI telah merilis jumlah dana awal kampanye dari ketiga calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pilpres 2024.

Dalam catatan itu, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) memiliki dana awal kampanye senilai Rp 1 miliar.

Jumlah itu paling kecil di banding pasangan nomor urut 2 dan 3 yang capai di atas Rp 20 miliar.

Sumber dari dana awal kampanye yang diusung NasDem, PKB, dan PKS itu berasal dari capres dan cawapresnya sendiri sebanyak Rp 1 miliar.

Mengetahui hal itu, Juru Bicara Timnas AMIN, Billy David mengatakan laporan dana awal kampanye Anies-Cak Imin itu tak menutup dukungan tulus dari relawan.

Baca juga: Dampingi Ganjar Kampanye, Politisi Perindo Susaningtyas Beri Pesan ke Relawan

"Dengan waktu sisa 50 hari saya rasa meskipun secara jumlah sedikit tapi kita lihat bahwa itu bisa diasumsikan ada dukungan yang tulus dari akar rumput, dari orang-orang simpatisan yang akan mendukung Amin untuk memberikan sumbangan," kata Billy, Rabu (20/12/2023) dikutip dari Kompas.com.

Ia juga mengatakan bahwa sisa waktu kampanye tinggal 50 hari lagi ini bisa dibantu dari berbagai simpatisan yang memberikan dukungan tanpa pamrih.

BERITA TERKAIT

Adapn iuran dari para relawan diberbagai daerah untuk AMIN ini yang mana dapat dilihat dari inisiatifnya dengan tulus memberikan dukungan.

"Jadi di luar itu kami juga banyak dukungan yang belum tercatat di KPU sehingga Pak Anies bisa survive (berkampanye, Gus Imin (juga) bisa melakukan berbagai macam aktivitas di daerah," lanjutnya.

Dirinya juga membeberkan ada beberapa percakapan yang dilakukan Timnas AMIN untuk menggalang dana kampanye meski beberapa pihak telah berkomitmen memberikan, namun belum bisa dibuka ke publik.

"Dan kami harapkan nanti itu akan dibuka ke publik dan semua publik dan juga KPU dan semua orang bisa mengawasi sumber pendanaan atau pun sumber penggunaan kampanye," katanya.

Baca juga: Respons Kampanye Hitam akan Hapus Program Bansos, Ganjar: Gimik untuk Menakut-nakuti

Dana Awal Kampanye Prabowo-Gibran Terbanyak, Capai Rp 31,4 miliar

Sementara itu, pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencatat paling banyak dana awal kampanyenya yang mencapai Rp 31,4 miliar.

Dana kampanye senilai Rp 31,4 miliar itu dari berbagai sunber, salah satunya jasa dari partai politik dan pengusungnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas