Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadapi Debat soal Pertahanan dan Keamanan, Ganjar Dapat Masukan dari Rekannya di Komisi I DPR

Ganjar mengaku sudah melakukan persiapan matang, meskipun diakuinya tema itu menjadi pekerjaan sehari-hari Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Hadapi Debat soal Pertahanan dan Keamanan, Ganjar Dapat Masukan dari Rekannya di Komisi I DPR
Tribunnews/Rahmat Fajar Nugraha
Ganjar Pranowo saat kampanye di Boyolali, Sabtu (30/12/2023). Ganjar Pranowo, optimistis dapat tampil maksimal pada debat ketiga Capres, yang mengangkat tema Pertahanan dan Keamanan (Hankam), serta Hubungan Internasional dan Geopolitik, pada Minggu, 7 Januari 2024 mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM, BOYOLALI - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, optimistis dapat tampil maksimal pada debat ketiga Capres, yang mengangkat tema Pertahanan dan Keamanan (Hankam), serta Hubungan Internasional dan Geopolitik, pada Minggu, 7 Januari 2024 mendatang.

Ganjar mengaku sudah melakukan persiapan matang, meskipun diakuinya tema itu menjadi pekerjaan sehari-hari Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto.

Baca juga: Kampanye ke Kabupaten Boyolali, Ganjar Ungkap Rasa Rindunya: Kompak, Menangnya Maksimal 

"Kita ketemu dengan tim terus-menerus. Jadi banyak sekali masukan, bukan hanya persoalan pertahanan dan keamanan, juga problem alutista, organisasi dunia yang diikuti Indonesia, bahkan relasi ekonomi," ujar Ganjar di sela kunjungannya di Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (30/12/2023).

Ganjar mengaku mendapat banyak masukan dari rekan-rekan di Komisi I DPR RI terkait berbagai persoalan pertahanan dan keamanan (Hankam), hubungan internasional, dan geopolitik.

Selain itu, Ganjar juga mempelajari posisi Indonesia di organisasi dunia, seperti ASEAN, PBB, G20, APEC, dan G7. Di samping relasi ekonomi, ada juga masalah perbatasan, konflik geopolitik, dan masalah pengungsi.

Baca juga: Kala Atikoh Ganjar Singgung Kho Ping Hoo saat Ngaku Banyak Baliho di Kampungnya Hilang

"Jadi banyak sekali temanya dan sudah disiapkan. Insya Allah, saya siap," ujar Ganjar.

Saat ditanya apakah optimistis dapat berdebat dengan Prabowo karena tema debat ketiga dinilai sangat dikuasai Prabowo, Ganjar menjawab dengan tegas bahwa dia sangat optimistis.

BERITA REKOMENDASI

"Oh saya sangat optimis, kalau soal menguasai debat nanti kita lihat karena tidak hanya berbicara pertahanan, tapi ada tema lainnya. Bicara soal pertahanan, kalau belinya pesawat bekas, enggak ada itu!" kata Ganjar.

Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres

1. Debat pertama, 12 Desember 2023: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

2. Debat kedua, 22 Desember 2023: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

3. Debat ketiga, 7 Januari 2024: Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

4. Debat keempat, 21 Januari 2024: Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat.

5. Debat kelima, 4 Februari 2024: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas