Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Debat Capres, Andika Perkasa Yakin Ganjar Dukung Modernisasi TNI-Polri 

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andika Perkasa mengatakan, capres nomor urut 3 itu mendukung modernisasi TNI-Polri

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Jelang Debat Capres, Andika Perkasa Yakin Ganjar Dukung Modernisasi TNI-Polri 
Youtube Tribunnews/Jeprima
Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa.Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Andika Perkasa mengatakan, calon presiden (capres) nomor urut 3 itu mendukung modernisasi TNI-Polri.Pernyataan ini disampaikan Andika menjelang debat ketiga capres yang akan digelar pada Minggu (7/1/2024) sore. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Andika Perkasa mengatakan, calon presiden (capres) nomor urut 3 itu mendukung modernisasi TNI-Polri.

Pernyataan ini disampaikan Andika menjelang debat ketiga capres yang akan digelar pada Minggu (7/1/2024) malam.

Andika menyebut, Ganjar nasionalis sejati yang memiliki visi dan pengalaman tata kelola yang baik semenjak menjabat sebagai anggota DPR dua periode dan Gubernur Jawa Tengah dua periode.

"Saya yakin Mas Ganjar bisa mendukung TNI dan Polri melalui modernisasi sembari tetap mengedepankan kesehatan keuangan negara dan kesejahteraan aparat,” kata Andika dalam keterangannya, Sabtu (6/1/2024).

Andika menuturkan, Ganjar akan bisa melakukan perencanaan yang lebih strategis dan relevan dengan perkembangan zaman.

“Ada tiga hal yang membuat saya yakin Mas Ganjar bisa jadi panglima tertinggi yang lebih baik," ujar mantan Panglima TNI ini.

Pertama, modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) yang adaptif dengan teknologi 5.0. 

BERITA REKOMENDASI

Kedua, pembentukan angkatan siber TNI. Ketiga, membangun industri pertahanan dan keamanan (hankam) kelas dunia secara selektif di dalam negeri.

Andika menjelaskan, membangun industri hankam kelas dunia secara selektif di Indonesia akan mendatangkan banyak manfaat. 

“Ganjar-Mahfud berambisi menaikkan derajat rakyat. 17 juta lapangan pekerjaan akan dibuka, salah satunya adalah melalui pembangunan industri pertahanan kelas dunia," ucapnya.

Baca juga: Hari ini Debat Ketiga: Anies Dapat Bisikan dari Eks Jenderal, Ganjar Siap, Prabowo Fasih

Dia menerangkan, hal tersebut tidak hanya mengurangi pengangguran, tapi juga akan mengurangi utang negara dari belanja alutsista yang berlebihan dari luar negeri.

Selain soal modernisasi dan ekonomi, Andika juga berbicara mengenai kesejahteraan TNI dan Polri yang selaras dengan misi gerak cepat Ganjar-Mahfud.

Dia menyebut, Ganjar adalah anak polisi berpangkat rendah dan sangat paham permasalah kesejahteraan dan ekonomi aparat. 

"Bisa dilihat dari apa yang beliau rumuskan menjadi program prioritas, di mana akan ada jaminan kebutuhan dasar prajurit dan keluarga yang lebih berkualitas dan beasiswa khusus untuk anak-anak bintara dan tamtama  Polri maupun TNI melalui Program Kuliah Gratis Anak TNI dan Polri," tutur Andika.

Menurut Andika, Program Kuliah Gratis Anak TNI dan Polri akan menjamin lebih banyak anak TNI-Polri bergelar sarjana untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“Jika kita sudah kuat di dalam negeri, saya yakin Indonesia akan jaya di luar negeri. Pandangan Mas Ganjar soal globalisasi dan politik luar negeri juga pantas menjadi alasan masyarakat menjatuhkan pilihan kepada beliau,” imbuhnya.

Adapun, debat hari ini akan menyoroti pertahanan, keamanan, hubungan internasional, geopolitik, globalisasi, dan politik luar negeri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas