Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei Pilpres 2024: Anies-Muhaimin Vs Ganjar-Mahfud Saling Salip, Prabowo-Gibran Cenderung Stagnan

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan 12 lembaga, elektabilitas Prabowo-Gibran cenderung stagnan, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud saling salip.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Survei Pilpres 2024:  Anies-Muhaimin Vs Ganjar-Mahfud Saling Salip, Prabowo-Gibran Cenderung Stagnan
Tribunnews.com
3 pasang Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Elektbailitas Capres-Cawapres terbaru menunjukkan Prabowo-Gibran stagnan, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud saling salip. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan hasil survei yang dilakukan 12 lembaga yang dirilis pada Desember 2023 dan Januari 2024, elektabilitas 3 pasang Capres-Cawapres Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud menunjukkan belum ada yang mencapai angka 51 persen.

Artinya kemungkinan besar Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.

Meskipun begitu, siapa yang akan masuk ke putaran kedua Pilpres 2024, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar harus bersaing ketat dengan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.




Sementara pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka elektabilitasnya cenderung stagnan, meskipun dalam hasil survei sejumlah lembaga menujukkan elektabilitasnya selalu unggul dari Anies-Muhaimin (AMIN) dan Ganjar-Mahfud.

Sementara pasangan Anies-Muhaimin sebelum berlangsungnya masa kampanye Pilpres 2024, elektabilitasnya selalu berada di posisi ketiga dari hasil survei sejumlah lembaga.

Namun, dalam dua bulan ini, pasangan yang diusung NasDem, PKS, dan PKB tersebut mulai merangkak naik, bahkan hasil survei sejumlah lembaga menunjukkan elektabilitasnya menyalip Ganjar-Mahfud.

Baca juga: TKN Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko Nilai Pernyataan JK Tidak Relevan dalam Diplomasi Modern

Namun, ada juga hasil survei yang menempatkan pasangan Ganjar-Mahfud di posisi pertama elektabilitas melampaui Prabowo-Gibran.

BERITA TERKAIT

Dari 12 lembaga survei yang merilis elektabilitas Capres-cawapres pada Desember 2023 dan Januari 2024 yang dihimpun Tribunnews.com, pasangan Ganjar-Mahfud unggul berdasarkan survei versi Indonesia Political Expert (IPE) dan Gagas Lintas Data (Galidata).

Menurut survei IPE, Ganjar-Mahfud mengantongi angka elektabilitas 33,7 persen, disusul Prabowo-Gibran 31,2 persen, dan Anies-Muhaimin 26,7 persen.

Kemudian menurut survei Galidata, menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud 36,2 persen, Prabowo-Gibran 33,3 persen, dan Anies-Muhaimin 26,1 persen.

Sementara Prabowo-Gibran dari 12 lembaga survei yang dicatat Tribunnews.com, unggul di 10 lembaga.

Baca juga: Timnas AMIN Ajak Pendukung Anies-Muhaimin Tak Ceritakan Kejelekan Capres-Cawapres Lain

Hal yang menarik dari 10 lembaga yang menempatkan Prabowo-Gibran di posisi pertama, elektabilitas Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud bersaing di posisi kedua dan ketiga.

Tercatat Anies-Muhaimin berada di posisi kedua versi 6 lembaga survei, sementara Ganjar-Mahfud menempati posisi kedua versi 4 lembaga survei.

Pergerakan elektabilitas Anies-Muhaimin yang menunjukan peningkatan di sejumlah lembaga survei tentunya perlu diwaspadai Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas