Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjar Umbar Janji Manis soal Pekerjaan: Bakal Hapus Batas Usia Pelamar Kerja

Ganjar umbar janji ingin menghapuskan batas usia pelamar kerja jika terpilih jadi Presiden 2024 nanti, bagaimana dengan Anies dan Prabowo?

Penulis: Rifqah
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Ganjar Umbar Janji Manis soal Pekerjaan: Bakal Hapus Batas Usia Pelamar Kerja
HO
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Ganjar umbar janji ingin menghapuskan batas usia pelamar kerja jika terpilih jadi Presiden 2024 nanti, bagaimana dengan Anies dan Prabowo? 

TRIBUNNEWS.COM - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo berkomitmen memberikan hak setiap warga negara secara adil, termasuk hak dalam mendapatkan pekerjaan. 

Hal tersebut, Ganjar sampaikan ketika kampanye di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024).

"Jadi, banyak orang yang hari ini menyampaikan, ‘saya itu masih muda tapi kok tidak bisa masuk bekerja’. Rasanya tidak fair juga 'kan," ujar Ganjar, Senin.




Ganjar lantas menjelaskan, ukuran kerja itu dapat dilihat dari tes fisik dan kemampuannya.

Menurut Ganjar, ukuran kerja bukan sekadar persoalan umur, yakni tua dan muda. 

"Ukuran kerja itu bisa dilihat dari tes fisiknya, kemampuannya bukan berarti yang muda selalu bisa dan yang tua dianggap tidak bisa," lanjutnya. 

Hal tersebutlah yang mendorong Ganjar beserta cawapresnya, Mahfud MD untuk menghapus batas usia pelamar kerja.

BERITA TERKAIT

"Kami akan memberikan suasana yang fair karena kerja itu adalah hak segala warga negara," terangnya. 

Selaras dengan Ganjar, komitmen menghapus batas usia pelamar kerja itu juga disampaikan Mahfud MD usai mengunjungi Pondok Pesantren Darut Tauhid Canga'an Bangil di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Jumat (12/1/2024) lalu.

Saat itu, Mahfud menanggapi adanya lowongan kerja di salah satu bank yang menetapkan batas maksimal usia pelamar 24 tahun.

"Kalau hanya keputusan menteri atau mungkin keputusan gubernur BI (Bank Indonesia), nanti bisa pemerintah lebih mudah untuk mengajak mengubah. Tinggal revisi undang-undang (UU) atau apa," tandas Mahfud MD.

Baca juga: Ganjar Nongkrong Bareng Gen Z-Milenial di Purbalingga, Mereka Ngonten Bareng hingga Main Sulap

Lalu, bagaimana dengan Anies dan Prabowo terkait terobosan mereka soal lapangan pekerjaan bila terpilih menjadi Presiden nanti?

Senada dengan Ganjar, Capres nomor urut 1 Anies Baswedan diketahui sama-sama menawarkan penghapusan batas usai pelamar kerja.

"Kami tidak setuju dengan pembatasan usia, ini insyaAllah kami ubah aturannya. sehingga negeri dan swasta akan memiliki aturan yang sama," kata Anies di Ambon, Maluku, Senin (15/1/2024).

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas