Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Klaim Rumput Laut Bisa Jadi Pengganti BBM, Begini Pendapat Ahli

Prabowo Subianto menyebutkan rumput lau bisa dijadikan sebagai pengganti BBM dan pupuk, begini pendapat dari ahli.

Penulis: Rifqah
Editor: Sri Juliati
zoom-in Prabowo Klaim Rumput Laut Bisa Jadi Pengganti BBM, Begini Pendapat Ahli
Istimewa
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapatkan pesan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk dapat senantiasa menjaga toleransi untuk umat beragama di Indonesia untuk saat ini dan di masa depan. - Prabowo Subianto menyebutkan rumput lau bisa dijadikan sebagai pengganti BBM dan pupuk, begini pendapat dari ahli. 

TRIBUNNEWS.COM - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyebutkan rumput lau bisa dijadikan sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) dan pupuk.

Menurut Prabowo, menjadikan rumput laut sebagai pengganti BBM hingga pupuk tidak membutuhkan banyak biaya.

Hal tersebut, diungkapkan Prabowo dalam acara "Dialog Capres Bersama KADIN: Menuju Indonesia Emas 2045", yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi, Jumat (12/1/2024) lalu.

Saat itu diketahui tengah ada tanya jawab mengenai pengembangan komoditas.

"Ekspor (yang dikembangkan) ya tadi jawaban saya, semua. Rumput laut itu bisa kita pakai sebagai gantinya pupuk, rumput laut bisa kita jadikan BBM."

"Luar biasa rumut laut, industrinya juga gak mahal," kata Menteri Pertahanan tersebut, Jumat.

Lalu, bagaimanakah menurut pakar mengenai rumput laut yang diklaim bisa menjadi pengganti BBM itu?

Pendapat Ahli

BERITA TERKAIT

Sebelumnya diketahui, Direktur Ilmiah Teknik dan Teknologi, Institut Groningen Belanda, Prof Dr Ir Hero Jan Heeres (HJ) Heeres, pernah membahas potensi rumput laut untuk dijadikan sebagai biomassa tersebut.

Yakni, bahan alami yang dapat digunakan sebagai sumber tenaga bahan bakar dan dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, pakan ternak, dan lain-lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Heeres dalam acara sharing session ilmu bioengineering dari Scientific Director of the Engineering and Technology, Institute Groningen, Belanda, Prof. Dr. Ir. Hero Jan (HJ) Heeres di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada November 2023 lalu.

Baca juga: Kelompok Tani Pendukung Prabowo-Gibran di Purbalingga Berharap Besar soal Solusi Masalah Pupuk

Dilansir laman itb.ac.id, Heeres menyampaikan mengenai salah satu solusi inovatif agar tidak bergantung pada bahan bakar fosil sebagai sumber energi dan material.

Dalam hal ini, Heeres menjelaskan, keterbatasan bahan bakar tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang.

Maka dari itu, salah satu solusi yang ditemukan dan lebih berkelanjutan adalah dengan memanfaatkan biomassa sebagai sumber energi dan bahan baku industri.

Potensi Biomassa, Khususnya Rumput Laut Merah

Heeres kemudian menjelaskan perspektif menarik tentang potensi biomassa, khususnya rumput laut merah (Eucheuma Cottonii), sebagai sumber daya yang dapat diandalkan untuk memproduksi bahan kimia berbasis bio.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas