Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Connie Bakrie Sebut Jika Pemerintah Abai Terhadap Perspektif Akademis, Publik Bisa Skeptis

Sementara di sisi lain masyarakat berharap agar seorang pemimpin mampu mempertimbangkan temuan-temuan dan pandangan akademis.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Connie Bakrie Sebut Jika Pemerintah Abai Terhadap Perspektif Akademis, Publik Bisa Skeptis
Tribunnews.com/ Fransiskus Adhiyuda
Pengamat Militer dan Pertahanan Connie Rahakundini Bakrie saat ditemui di Makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Kamis (10/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Akademisi yang juga Pengamat Bidang Militer dan Pertahanan Keamanan, Connie Rahakundini Bakrie mengatakan pengabaian terhadap perspektif akademis bisa melemahkan kepercayaan masyarakat

Sementara di sisi lain masyarakat berharap agar seorang pemimpin mampu mempertimbangkan temuan-temuan dan pandangan akademis.

"Terpenting adalah mengabaikan perspektif akademis, melemahkan kepercayaan masyarakat, dan masyarakat berhak berharap agar pemimpin memoertimbangkan temuan-temuan akademis, pandangan akademis," kata Connie dalam seminar nasional bertajuk 'Rakyat Mencari Pemimpin' di Hotel Kartika Chandra, Jakarta pada Selasa (6/2/2024).

Jika pengabaian ini terus dibiarkan, Connie khawatir akan terjadi pengakaran sifat skeptis di tengah masyarakat yang justru dapat mengancam esensi dari demokrasi itu sendiri. 

"Ketika ini dibiarkan maka skeptisme akan terjadi mengakar dan sebenarnya mengancam esensi demokrasi itu sendiri," ungkapnya. 

Menurutnya, perspektif akademisi maupun yang datang dari pihak manapun semestinya dapat diterima oleh pemerintah, lantaran Indonesia merupakan negara yang menganut demokrasi.

BERITA TERKAIT

"Sebagai pendidik saya berdiri di sini dengan menegaskan komitmen saya terhadap prinsip demokrasi, bagaimana beragam perspektif itu harus diterima," kata dia.

Sebelumnya Connie juga mengatakan dewasa ini pihak Istana Negara dalam hal ini pemerintah yang berkuasa sekarang, banyak menolak koreksi dari para akademisi, dosen dan guru besar.

Padahal penolakan koreksi tersebut membuat penurunan modal intelektual dan kualitas tata kelola bernegara. 

Selain itu Connie pun mengaku belakangan, khususnya selama perhelatan Pemilu 2024, para akademisi cenderung dipandang sebagai sosok yang punya tendensi dukungan terhadap calon-calon tertentu.

Baca juga: Ganjar Pranowo Tanggapi Isu Ahok Kuda Putih Jokowi: Semua Bisa Berasumsi

Hal ini kata dia, juga imbas dari banyaknya buzzer politik yang menyudutkan akademisi dengan narasi 'dibayar'.

"Jadi mengikis keahlian dari para akademisi, para dosen, guru besar adalah menolak koreksi dan kontribusi itu sebenarnya telah membuat modal intelektual dan penurunan kualitas tata kelola negara," ungkap dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas