Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Momen Hasyim Asy'ari Penasaran Ketua KPU Papua Tengah Fasih Berbahasa Jawa Saat Rekapitulasi Suara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asyari penasaran dengan Ketua KPU Provinsi Papua Tengah fasih berbahasa Jawa.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Momen Hasyim Asy'ari Penasaran Ketua KPU Papua Tengah Fasih Berbahasa Jawa Saat Rekapitulasi Suara
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asyari di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/12/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumapow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asyari penasaran dengan Ketua KPU Provinsi Papua Tengah, Jeniffer Darling Tabuni yang fasih menggunakan Bahasa Jawa.

Dalam rapat pleno rekapitulasi suara Provinsi Papua Tengah yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu (17/3/2024), Jeniffer membuka percakapan dengan salam yang dalamnya terselip Bahasa Jawa.

"Shalom, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sugeng dalu sedoyo, sugeng rahayu," ujar Jeniffer dan disambut tepuk tangan anggota rapat.

Pun, saat rapat hasil rekapitulasi untuk Provinsi Papua Tengah hendak disahkan, Jennifer menyampaikan ucapan terima kasih menggunakan bahasa Jawa.

"Sakmeniko sampun, matur nuhun," ucapnya.

Baca juga: Saksi PAN Sebut Penyelenggara Pemilu di Papua Tengah Jadi Timses, Klaim Jumlah Suara Jadi Nol

Hasyim pun penasaran, ia lalu mempersilakan Jeniffer untuk memberi penjelasan kenapa dirinya dapat berbicara menggunakan Bahasa Jawa dengan lancar.

BERITA REKOMENDASI

"Mbak Darling Tabuni ini banyak teman-teman yang penasaran, Bahasa Jawanya fasih itu kenapa? Cerita sedikit saja, engak apa-apa," ujar Hasyim.

"Nami kulo Jennifer Darling Tabuni. Kulo numpang lair teng Makassar. Numpang gedhene pun teng Jogja," Jennifer menjelaskan.

Baca juga: Pemungutan Suara di Papua Tengah Menggunakan Noken, Prabowo Gibran Unggul

"Ditanya loh Yogyanya mana?" lanjut Hasyim bertanya.

"Kulo teng Kalasan. Ler e Mbok Berek Kalasan," balas Jennifer.

Sebagai informasi, rapat pleno rekapitulasi suara nasional untuk pemilu presiden di Provinsi Papua Tengah telah rampung dengan perolehan tertinggi diraih oleh pasangan calon 02 Prabowo Subianto dan Prabowo Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo-Gibran meraup 638.616 suara di Papua Tengah di mana metode pemungutan suaranya menggunakan noken untuk 6 dari total 8 kabupaten.

Sementara sisanya memakai metode pemungutan suara langsung.

Menyusul Prabowo-Gibran, pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berada di urutan kedua dengan raihan 335.089 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapat 128.577 suara.

Dari 1.133.550 pemilih, total ada 1.102.282 suara sah dan 31.268 suara tidak sah untuk hasil perolehan di Provinsi Papua Tengah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas