Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Tunggu Restu Megawati untuk Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

PDIP membuka peluang untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024, tapi masih menunggu arahan resmi dari Megawati.

Penulis: Rifqah
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in PDIP Tunggu Restu Megawati untuk Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024
Kolase Tribunnews.com
Kolase foto Megawati Soekarnoputri dan Anies Baswedan - PDIP membuka peluang untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024, tapi masih menunggu arahan resmi dari Megawati. 

TRIBUNNEWS.COM - PDI Perjuangan (PDIP) membuka peluang untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Terlebih lagi, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani sebelumnya juga sempat menyebut Anies sebagai sosok yang menarik untuk diusung di Pilgub Jakarta.

Namun, hingga saat ini, Hasto mengatakan masih menunggu arahan dari Ketua Umum PDIP, Megawai Soekarnoputri mengenai hal tersebut.

"Mbak Puan mengatakan Pak Anies ini menarik. Tetapi kerja sama politik terhadap wilayah-wilayah yang sangat strategis itu kami menunggu arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati yang terus mencermati hari ke hari seluruh dinamika politik yang berkembang," kata Hasto di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6/2024).

Ucapan Puan soal Anies, kata Hasto, dikembangkan dengan mendengar komitmen dan suara dari akar rumput.

"Kami mendengarkan suara akar rumput, mendengarkan suara wong cilik, komitmen di dalam memperbaiki nasib wong cilik," ujar Hasto.

PDIP Masih Kaji Peluang Usung Anies di Pilkada Jakarta

BERITA TERKAIT

Mengenai peluang PDIP mengusung Anies di Pilkada Jakarta tersebut, Ketua Tim Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), PDIP Adian Napitupulu mengatakan, pihaknya mengkajinya.

"Dinamikannya tetap terus kita perhitungkan, tetap kita kaji peluang-peluangnya, tetap kita diskusikan satu dengan yang lain," kata Adian Napitupulu saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2024).

Meskipun PDIP belum memutuskan sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta, kata Adian, nama Anies tetap akan dikaji oleh partai pimpinan Megawati itu.

"Tetapi kami menghormati seluruh keputusan partai-partai yang lain, kedaulatan partai mereka untuk memutuskan siapapun," ujarnya.

Baca juga: PDIP Kaji Peluang Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 

Sebelum mengusung seseorang, PDIP melakukan berbagai macam kajian, seperti mencermati ideologi hingga pemikiran calon yang akan diusung, bahkan program-program yang nantinya akan dibawa untuk memimpin Jakarta selama lima tahun ke depan.

"Apakah mungkin kita mengusung Anies ketika memang secara kajian ideologi, kajian politik, kajian terhadap pemikiran, program, dan sebagainya. Memungkinkan, kenapa tidak?" ucap Adian.

Adian menegaskan, PDIP tak hanya mempertimbangkan faktor elektabilitas untuk mengusung kandidat.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas