Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawaslu Minta KPU Perbaiki Sirekap untuk Pilkada agar Jangan Ada Kegaduhan

Bawaslu mengimbau supaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbaiki Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang dipakai pada Pilkada 2024 mendatang

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Bawaslu Minta KPU Perbaiki Sirekap untuk Pilkada agar Jangan Ada Kegaduhan
Google Playstore
Petugas KPPS akan menggunakan aplikasi Sirekap dalam Pemilu 2024. Berikut link download aplikasi Sirekap Mobile 2024 dan aktivasi akun bagi petugas KPPS. Bawaslu mengimbau supaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbaiki Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang dipakai pada Pilkada 2024 mendatang 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau supaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbaiki Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang bakal dipakai pada Pilkada 2024 mendatang.

Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda mengingatkan jangan sampai penggunaan Sirekap mendatang justru membuat kegaduhan.

“Memang harus dibuat sebaik mungkin supaya nantinya, jangan, informasi ini jadi disinformasi atau membuat kegaduhan,” ujar Herwyn kepada awak media, Senin (15/7/2024).




Herwyn juga berharap adanya transparansi yang lebih dalam penggunaan Sirekap untuk mencegah adanya kecurangan data. 

“Nah mudah-mudahan kawan-kawan KPU, tujuan awalnya baik tetapi dia harus dibarengi dengan perbaikan sistem. Supaya sistem ini benar-benar di kita semua,” ujarnya.

“Termasuk aktivitas Bawaslu dalam memastikan misalnya dalam hasil pemilihan apakah sudah sesuai ketentuan itu bisa menjadi data pembanding bagi kita,” ia menambahkan.

Baca juga: Kembali Gunakan Sirekap di Pilkada 2024, KPU: Ada Perbaikan dan Konsultasi dengan DPR

Sementara itu, sebelumnya Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifudin mengatakan bahwa pihaknya terus memperbaiki penggunaan Sirekap mendatang.

BERITA TERKAIT

Afif mengaku pihaknya sedang menyiapkan segala perbaikan dan juga konsultasi bersama dengan pemerintahan terkait evaluasi penggunaan sistem tersebut.

“Insyaallah (Sirekap) kita pakai dengan catatan yang sudah-sudah, mana yang harus kita perbaiki dan seterusnya,” jelas Afif, Jumat (12/7/2024) lalu di kantornya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas