Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Potensi Berseberangan dengan Golkar di Pilkada Banten, AHY: Masing-masing KIM Punya Perhitungan

AHY merespons soal kemungkinan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tidak akan bersama di Pilkada Banten 2024.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Potensi Berseberangan dengan Golkar di Pilkada Banten, AHY: Masing-masing KIM Punya Perhitungan
Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menyerahkan surat rekomendasi untuk Andra Soni-Dimyati Natakusumah maju di Pilkada Banten, di Kantor DPP Partai Demokrat, Jumat (19/7/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merespons soal kemungkinan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tidak akan bersama di Pilkada Banten 2024.

Hal itu didasari karena, saat ini ada dua sosok yang kemungkinan akan maju di Pilkada Banten, antara Andra Soni yang merupakan kader Gerindra sekaligus Ketua DPRD Banten dengan Airin Rachmi Diany yang merupakan kader Golkar.

Demokrat sendiri, telah secara resmi memberikan surat rekomendasi untuk Andra Soni maju di Pilkada Banten 2024, berpasangan dengan Dimyati Natakusumah.

Menyikapi hal itu, AHY menyatakan, sejatinya di internal KIM memang selalu mengupayakan untuk bersama di setiap provinsi saat Pilkada ini.

"Seringkali semangatnya memang kita berupaya untuk mencari kesamaan-kesamaan dalam provinsi-provinsi atau daerah-daerah yang memiliki nilai strategis bersama," kata AHY saat jumpa pers di Kantor DPP Demokrat, Jumat (19/7/2024) malam.

Hanya saja kata Menteri ATR/BPN itu, perubahan dan dinamika politik terus terjadi, apalagi jelang Pilkada saat ini termasuk di internal KIM.

BERITA TERKAIT

Tak hanya itu, AHY juga mengaku kalau setiap partai politik yang ada di KIM memiliki perhitungan masing-masing dalam mengusung siapa calon yang dijagokan.

"Tapi kami juga menyadari sejak awal bahwa tentunya masin-masing partai punya perhitungan, punya faktor yang dipertimbangkan termasuk landscape atau konstelasi politik di daerah mungkin tidak selalu sama dengan yang terjadi saat Pilpres," kata AHY.

Meski begitu, AHY menegaskan kalau tidak bersamanya partai-partai di KIM selama kontestasi Pilkada di suatu provinsi bukan menjadi rujukan kalau KIM tidak kompak.

Baca juga: Airin Tak Masalah Gerindra Buat Poros Andra Soni-Dimyati di Pilkada Banten: Nanti Lihat Saja

Dirinya justru menyebut kalau, setiap pimpinan partai politik di KIM yang dikomandoi oleh Prabowo Subianto itu memiliki sikap saling menghargai satu sama lain.

"Tidak berarti KIM tidak solid, karena kami memiliki visi misi yang jauh lebih besar dari urusan Pilkada satu dengan Pilkada lain," kata AHY.

"Kami lihat Indonesia, bangsa ini, fokus pada upaya membentuk pemerintahan ke depan yang juga efektif, solid, yang juga bisa menjawab berbagai tantangan bangsa ke depan," tandas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi memberikan surat rekomendasi untuk Andra Soni dan Dimyati Natakusumah untuk maju Pilkada 2024.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas