Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Didukung KIM, Kaesang-Jusuf Hamka Disebut Bakal Jadi Penantang Kuat Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta

Kaesang Pangarep dan Politisi Partai Golkar Jusuf Hamka  disebut-sebut bakal jadi pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilgub DKI Jakarta.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Didukung KIM, Kaesang-Jusuf Hamka Disebut Bakal Jadi Penantang Kuat Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta
Kolase Tribunnews.com
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan kader Partai Golkar Jusuf Hamka. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Politisi Partai Golkar Jusuf Hamka  disebut-sebut bakal jadi pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilkada Jakarta 2024. 

Di sath sisi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  sudah terlebih dahulu mendukung nama pasangan cagub-cawagub yaitu Anies Baswedan-Sohibul Iman. 

Pengamat politik Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin, mengatakan jika keduanya benar-benar diusung, maka Kaesang-Jusuf akan menjadi penantang kuat pasangan Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta.

"Ini kan hanya masih wacana, kalau pun benar jadi Iya mungkin saja, cukup menjadi lawan yang kuat untuk menantang pasangan Anies dan Sohibul Iman," kata Ujang kepada wartawan, Minggu (21/7/2024)

Menurut Ujang, dukungan KIM kepada Kaesang-Jusuf yang diisi oleh partai-partai besar sangat mudah untuk mengalahkan Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta

Apalagi jika merunut pada pemilihan presiden 2024, kekuatan KIM begitu kuat yang bisa mengalahkan dua pasangan calon presiden yaitu Anies-Muhaimin Iskandar dan Ganjar-Mahfud dalam satu putaran. 

"Kalau dari segi kekuatan partai (didukung KIM mudah kalahkan Anies-Sohibul) memang iya kuat," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Rieviw (IPR) itu.

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan, bila dilihat segi kekuatan elektabilitas, Anies-Sohibul memang lebih berpeluang daripada Kesang. 

Namun, Ujang menyebut elektabilitas bukan merupakan keputusan final alias masih dinamis. 

Pasalnya, elektabilitas Kaesang-Jusuf bakal bisa naik, terebih lagi sejumlah lembaga survei belum menguji elektabilitas Babah Alun itu.

"Kalau segi elektabilitas Anies lebih tinggi daripada Kaesang. Kaesang hanya satu persen. Tapi kan Jusuf belum ketahuan elektabilitasnya apakah akan lebih besar daripada Anies," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengungkapkan fakta baru mengenai kontestasi Pilkada Jakarta 2024. Menko Perekonomian RI itu mengusulkan bos jalan tol sekaligus kader Golkar, Jusuf Hamka menjadi cawagub untuk KaesangPangarep.

Keputusan itu diambil seusai Airlangga melakukan pertemuan dengan Kaesang yang juga Ketum PSI itu di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

"Untuk mendukung tadi Mas Kaesang seandainya beliau memilih Jakarta saya siapkan kader Golkar yang udah malang melintang di infrastruktur yaitu Babah Alun," kata Airlangga dalam konferensi pers seusai bertemu Kaesang.

Airlangga mengungkapkan alasan Jusuf Hamka didorong menjadi cawagub untuk Kaesang. Dia menyatakan pengusaha muslim Tionghoa itu memiliki pengalaman yang baik dalam mengatasi kemacetan di Jakarta.

"Golkar tentu melihat tantangan Jakarta besar sekali termasuk kita ingin Jakarta ini salah satu kota dengan penduduk 10 juta kita harus bisa kalahkan Thailand untuk mengatasi kemacetan sehingga tantangan utama Jakarta adalah infrastruktur," ungkapnya.

Namun begitu, Airlangga menambahkan keputusan itu masih belum final. Menurutnya, masih ada waktu dua bulan sebelum pendaftaran Pilkada Jakarta 2024.

Baca juga: Jusuf Hamka Ibaratkan Dirinya seperti Kunci Inggris: Bisa jadi Cawagub Kaesang, Anies Hingga Ahok

"Kita banyak punya waktu tidak terburu-buru kita akan berbasis ilmiah dan tentu kita juga harus bicara dengan KIM," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas