Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PAN Siap Kasih SK ke Anies Jadi Cagub Jakarta Dalam Hitungan Jam, Yandri: Tapi dengan Syarat

Yandri menambahkan partainya akan mengambil langkah politik lain jika nantinya Anies tidak menunjuk Zita menjadi cawagub Jakarta.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in PAN Siap Kasih SK ke Anies Jadi Cagub Jakarta Dalam Hitungan Jam, Yandri: Tapi dengan Syarat
Tribunnews.com/Rahmat Fajar Nugraha
Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan Calon Presiden 2024, Anies Baswedan di kantor Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Minggu (21/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dukungan Partai NasDem kepada Anies Baswedan sebagai calon gubernur (cagub) Jakarta menuai reaksi dari partai politik (parpol) lain. Satu di antaranya, Waketum PAN Yandri Susanto yang turut memberikan komentar.

Yandri mengatakan partainya menghormati langkah politik dari NasDem yang mendukung Anies di Pilkada Jakarta. Menurutnya, hal tersebut adalah hak dari masing-masing partai politik.

Baca juga: Anies Baswedan Ungguli Ridwan Kamil dan Ahok di Jakarta, Demokrat: Realitas di Lapangan Bisa Berbeda

"Jadi untuk Pilkada DKI Jakarta, ya tentu kita mengapresiasi Nasdem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan untuk maju kembali. Itu hak masing-masing partai," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (26/7/2024).

PAN, kata Yandri, tidak menutup peluang untuk mendukung Anies sebagai cagub Jakarta. Namun, syaratnya Eks Mendikbud itu harus menunjuk Ketua DPP PAN, Zita Anjani menjadi cawagubnya.

"PAN tidak menutup kemungkinan juga bisa bergabung juga dengan Anies. Tapi dengan syarat, syaratnya wakilnya dari PAN, Zita Anjani," ungkapnya.

Baca juga: Pilkada Jakarta 2024 Sulit Diprediksi, Pengamat: Ada Elite Parpol Ingin Gagalkan Anies

"PAN sedang memastikan itu semua. Jadi kalau misalkan Anies ngambil Zita, langsung besok SK-nya (surat keputusan) langsung keluar. Langsung deklarasi kita. PAN terdepan untuk memenangkan," sambungnya.

BERITA REKOMENDASI

Namun, Yandri menambahkan partainya akan mengambil langkah politik lain jika nantinya Anies tidak menunjuk Zita menjadi cawagub Jakarta. Di antaranya, PAN akan mendukung bos jalan tol, Jusuf Hamka atau Basuki Tjahja Purnama alias Ahok di Pilkada Jakarta.

"Kalau itu tidak ada titik temu, ya berarti kemungkinan PAN akan memunculkan calon alternatif, ya bisa Jusuf Hamka, bisa

Ahok, bisa nama lain. Artinya sangat dinamis DKI Jakarta ini," jelasnya.

Sejauh ini, Yandri menyatakan pihaknya telah mengutus Ketua DPW Jakarta, Eko Patrio untuk melakukan komunikasi dengan Anies. Bahkan, PAN sudah menyiapkan surat keputusan (SK) dalam hitungan jam jika Anies setuju tunjuk Zita Anjani jadi cawagub.

Baca juga: Sahroni: Keputusan Rekomendasi NasDem Bisa Saja Berubah, Termasuk Cawagub untuk Anies

"Saya tiga hari lalu diskusi dengan Mas Eko, Patrio sebagai ketua PAN DKI. Untuk melakukan komunikasi itu. Dan dalam komunikasi itu saya minta tolong Mas Eko sampaikan, kalau Mas Anies ngambil Zita Anjani, SKnya langsung keluar. Dalam hitungan jam," pungkasnya.

Sejauh ini, baru Partai NasDem dan PKS yang sudah memberikan dukungan secara resmi kepada Anies sebagai cagub Jakarta. Sementara itu, PKB yang sudah memberikan dukungan di tingkat DPW Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas