Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brigjen TNI Simon Petrus Kamlasi Masuk Top of Mind Nama Cagub di Pilgub NTT, Ini Nama Lainnya

Berdasarkan survei Petrus Kamlasi berada di peringkat empat sebagai calon gubernur NTT yang dipilih apabila Pilkada 2024 dilaksanakan hari ini

Penulis: Erik S
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Brigjen TNI Simon Petrus Kamlasi Masuk Top of Mind Nama Cagub di Pilgub NTT, Ini Nama Lainnya
KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE
Brigadir Jenderal TNI Simon Petrus Kamlasi saat dijemput keluarga dan pendukungnya secara adat di ruang VVIP Bandara El Tari Kupang, NTT, Jumat (19/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Erik Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - Meskipun sebagai pendatang baru, Brigjen TNI Simon Petrus Kamlasi (SPK) disebut-sebut akan menjadi kuda hitam pada Pilkada Nusa Tenggara Timur (NTT) 2024.

Bahkan, nama Brigjen Simon Petrus Kamlasi masuk dalam lima besar top of mind dari hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting terkait elektabilitas pilihan kepala daerah calon gubernur NTT.




Nama Brigjen Simon Petrus Kamlasi atau yang akrab disapa SPK ini berada di peringkat empat sebagai calon gubernur NTT yang dipilih masyarakat apabila Pilkada 2024 dilaksanakan hari ini, dengan Raihan 4,0 persen suara.

Posisi SPK berada di bawah Emanuel Melkiades Laka Lena yang meriah 4,9 persen suara.

Sementara, peringkat teratas dan kedua ditempati masing-masing oleh Yohanis Fransiskus Lema (Ansy Lema) dengan Raihan 6,7 persen suara, diikuti oleh mantan Gubernur NTT periode 2018-2023, Viktor Bungtilu Laiskodat dengan Raihan 5,9 persen suara.

Dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting, SPK juga berada di posisi keempat dari delapan pilihan kepala daerah calon gubernur NTT apabila pilkada dilaksanakan hari ini.

BERITA TERKAIT

Survei SMRC tersebut dilakukan pada 12-19 Juli 2024.

Baca juga: Jelang Kunjungan Paus ke Timor Leste, Menteri Agama Imbau Umat Katolik di NTT Jaga Ketertiban

SPK dipilih oleh masyarakat NTT dengan Raihan 7,1 persen suara, berada di bawah Ansy Lema yang meraih 15,9 persen. Sementara, posisi teratas ada nama Viktor Bungtilu Laiskodat dengan 23,5 persen disusul Emanuel Melkiades Laka Lena.

Saiful Mujani Research and Consulting juga melakukan survei terkait dukungan mantan gubernur NTT sebelumnya, yakni Viktor Bungtilu Laiskodat terhadap calon yang akan bertarung di Pilkada 2024.

Dari hasil survei itu, tiga calon gubernur NTT mendapat pilihan terbanyak dari masyarakat, pertama Ahmad Yohan dengan 12,2 suara, Simon Petrus Kamlasi 9,7 persen suara dan Adrianus Garu 9,6 persen suara.

Saiful Mujani Research and Consulting, juga merilis elektabilias calon berdasarkan pengaruh mantan gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Dari hasil survei itu terdapat tiga calon dengan elektabilitas tertinggi. Mereka, adalah Emanuel Melkiades Laka dengan 33,6 persen dan naik menjadi 34,9 persen setelah mendapat dukungan dari VBL.

Selanjutnya Yohanis Fransiskus Lema dengan elektabilitas 26,5 persen. Namun, yang terjadi pada Yohanis, elektabilitas dia menurun menjadi 21,4 persen ketika mendapat dukungan dari VBL.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas