Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AHY Sebut Tiket Rekomendasi dari Partai Demokrat Tersisa 30 Persen

Sejauh ini, kata AHY, partainya sudah menyerahkan 27 surat rekomendasi kepada paslon di tingkat provinsi

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in AHY Sebut Tiket Rekomendasi dari Partai Demokrat Tersisa 30 Persen
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan surat rekomendasi kepada Bobby Nasution-Surya maju sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada Sumatera Utara 2024, di kantor DPP Partai Demokrat, Kamis (8/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan tiket rekomendasi dari partai Demokrat tersisa 30 persen lagi.

Di tingkat provinsi, ada 10 tiket cagub dan cawagub yang masih belum dikeluarkan partai berlambang mercy tersebut.

Sejauh ini, kata AHY, partainya sudah menyerahkan 27 surat rekomendasi kepada paslon di tingkat provinsi. Sementara itu, Demokrat juga sudah mengeluarkan 328 tiket untuk calon kepala daerah di tingkat kabupaten kota.

"Kalau dihadapkan pada jumlah daerah yang menggelar Pilkada kurang lebih, baik untuk Pilgub, maupun kemudian Bupati dan Wali Kota, sudah 70 persen, 70 persen. Artinya, mulai dari hari ini hingga lepas pendaftaran di KPUD, tersisa 30 persen lagi," kata AHY dalam konferensi pers di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

AHY menjelaskan salah satu provinsi yang masih belum diputuskan adalah Pilkada Jakarta.

Menurut dia, saat ini proses penjaringan sosok yang akan dimajukkan di daerah itu masih dinamis.

Baca juga: Demokrat Yakin KIM Tetap Solid Meski Airlangga Mundur dari Ketum Golkar: Kita Ini Partai Penguasa

BERITA TERKAIT

"Karena memang DKI Jakarta merupakan etalase sekaligus barometer politik, ekonomi, dan sosial selama ini. Nah, selalu dinamis, dan ketika Koalisi Indonesia Maju punya harapan, punya ikhtiar untuk bisa membangun kebersamaan dan koalisi untuk pilkada DKI Jakarta ini juga memang sudah diingatkan sejak awal," katanya.

Demokrat, kata AHY, masih belum memiliki kader potensial yang bisa dimajukkan di Pilkada Jakarta. Karenanya, pihaknya masih sedang melakukan pertimbangan bersama KIM.

"Kalau ditanya Partai Demokrat punya calon sendiri? per hari ini kami terus terang belum ada yang sangat siap secara personal untuk menjadi calon gubernur. Tapi untuk calon wakil gubernur masih mencari, masih menimbang-nimbang," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan partainya mendukung cagub dan cawagub di 3 provinsi. Tak hanya itu, Demokrat juga memberikan dukungan kepada cakada di 51 kabupaten atau kota.

"Partai Demokrat akan kembali menyerahkan surat rekomendasi kepada para kandidat yang Partai Demokrat usung dalam pemilihan kepala Daerah tahun 2024. Kurang lebih ada 54 surat rekomendasi yang akan saya serahkan kepada para kandidat calon bupati dan wakilnya serta calon walikota dan wakilnya. Sedangkan ada 3 surat rekomendasi untuk pemilihan gubernur," kata AHY di Kantor DPP Demokrat, Menteng, Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Ia menuturkan bahwa dukungan kepada para cakada telah melalui proses rekrutmen yang ketat.

Dia pun berharap seluruh cakada yang ditunjuk bisa mulai menyusun sejumlah langkah-langkah pendaftaran ke KPUD.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas