Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dharma-Kun Lolos Verifikasi Pilkada Jakarta, Pengamat Beberkan Peta Persaingan Paslon

Ujang melihat adanya beberapa skenario yang dilakukan KIM dalam Pilkada DKI ini.Pertama ini, KIM membuat skenario melawan kotak kosong.

Penulis: Erik S
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Dharma-Kun Lolos Verifikasi Pilkada Jakarta, Pengamat Beberkan Peta Persaingan Paslon
KPU DKI Jakarta
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah menerima penyerahan syarat dukungan dari bakal calon gubernur perseorangan atau independen Dharma Pongrekun dan calon wakil gubernur Kun Wardana Abyoto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lolosnya nama Komjen Pol (purn) Dharma Pongrekun dan Kun Wardhana dalam tahapan verifikasi administrasi perbaikan calon gubernur dan wakil gubernur perseorangan atau independen di Pilkada DKI Jakarta dinilai sudah dikondisikan sejak awal.

Itu bisa saja dilakukan, kata pengamat politik, Ujang Komarudin oleh partai penguasa yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Bisa dikondisikan juga bisa tidak dikondisikan, ini harus ditanyakan, bisa murni bisa juga tidak. Politik itu cenderung seperti itu. Dikondisikan mungkin-mungkin saja. Tidak juga mungkin-mungkin saja," kata Ujang kepada wartawan, Kamis (14/8/2024).

Ujang melihat adanya beberapa skenario yang dilakukan KIM dalam Pilkada DKI ini.Pertama ini, KIM membuat skenario melawan kotak kosong.

"Itupun bila Dharma-Kun nya tidak maju atau maju, tapi kalau maju tetap melawannya calon independent," jelas dia.

Meski begitu, kata dia, calon yang diusung KIM Plus tetap menjadi pemenangnya sekalipun itu ada lawannya yakni Dhrama-Kun yang maju lewat jalur independen.

"Siapapun calonnya KIM Plus Ridwan Kamil-Kaesang ataupun siapa melawan Dhrama-Kun tetap saja, partai penguasa seperti KIM plus yang didukung memiliki potensi lebih besar kemenangan,itu sudah secara otomatis," kata dia.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, KPU DKI diminta tetap menjaga independensinya dalam pelaksanan Pilkada DKI. Pasalnya, KPU DKI meloloskan bakal pasangan calon (bapaslon) independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana pada Pilkada Jakarta 2024 guna menghindari kotak kosong.

Lolosnya pasangan Dharma-Kun ini, menurut pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno tak lepas dari kekuasaan elite politik.

"Elite partai bisa atur munculnya calon tunggal melawan kotak kosong atau calon tunggal melawan calon jadi-jadian," kata Dosen Ilmu Politik dari UIN Syarif Hidayatullah ini.

Dia pun melihat cara berpolitik di Indonesia saat ini sudah bergeser. Dulu, politik ditentukan akar rumput namun kini politik hari ini sampai pada fase di mana elite partai jadi penentu segala-galanya. 

"Tentu ini menjadi perhatian bersama, dimana kekuasaan saat ini adalah segala-galanya, seenaknya," kata dia.

 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas