Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Partai NasDem Tak Dukung Anies, tapi Pilih ke KIM, Jubir Anies Sebut soal Intimidasi Rezim Penguasa

Jubir & Koordinator Relawan Anies Iwan Tarigan menanggapi soal Partai NasDem yang tarik dukungan untuk Anies di Pilkada Jakarta 2024.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Partai NasDem Tak Dukung Anies, tapi Pilih ke KIM, Jubir Anies Sebut soal Intimidasi Rezim Penguasa
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Anies Baswedan saat ditemui di Jakarta Fair 2024, Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/6/2024) malam. Jubir & Koordinator Relawan Anies Iwan Tarigan menanggapi soal Partai NasDem yang tarik dukungan untuk Anies di Pilkada Jakarta 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Juru Bicara (Jubir) dan Koordinator Relawan Anies Baswedan, Iwan Tarigan, memberikan tanggapan soal Partai NasDem yang tak lagi mendukung Anies di Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Relawan Anies mengaku menghargai keputusan Partai NasDem.

"Kita menghargai keputusan Partai NasDem yang menarik dukungan kepada Anies Baswedan karena keputusan ini tentunya sudah dipertimbangkan dengan baik," ujar Iwan lewat rilis yang dikirimkan pada Tribunnews, Jumat (16/8/2024).

Iwan menyebut Relawan Anies mengharapkan agar Ketua Partai NasDem, Surya Paloh, menunjukkan konsistensi dan keteladanan dalam politik Indonesia.

Hal ini, menurutnya, agar tidak menimbulkan preseden buruk saat sekarang dan ke depan.

Iwan mengatakan mendengar informasi soal Surya Paloh mendapat intimidasi oleh rezim penguasa.

"Tentunya hal ini tidak bisa dibenarkan selain merusak demokrasi yang kita perjuangkan setelah reformasi '98," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

"Esensi demokrasi yang kita anut untuk melibatkan rakyat memilih calon pemimpin terbaik mereka telah diamputasi oleh elite politik dengan cara-cara jahat dan tidak beretika," lanjutnya lagi.

Yakni, imbuhnya, dengan cara memborong partai politik (parpol) sehingga calon-calon yang berpotensi seperti di Pilkada Jakarta dan Banten berpotensi gagal maju ke kontestasi politik.

Menurut Iwan, hal ini berpotensi membuat rakyat tidak diberikan pilihan memilih pemimpinnya.

"Jadi keadaan saat ini kami anggap demokrasi Indonesia sudah sampai di titik terendah karena rakyat sudah tidak berdaulat lagi atas suara dan pilihannya," tutupnya.

Baca juga: Nasihat Surya Paloh saat Bicara Empat Mata Bareng Anies: di Balik Kesedihan Ada Peluang Lebih Hebat

Partai NasDem Merapat ke KIM

Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, memastikan Anies Baswedan tak kecewa setelah batal didukung NasDem untuk maju dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

"Ndak, ndak (tidak) ada yang kecewa, teman teman bisa. Tanya ke Mas Anies," kata Willy di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Willy menegaskan, keputusan NasDem tak mengusung Anies di Pilgub Jakarta 2024 bukan tanpa dasar.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas