Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Tak Risau Ditinggal Sendiri di Pilkada Jakarta: Kita akan Berkoalisi dengan Rakyat

PDIP tak risau ditinggal KIM Plus di DKI Jakarta, akui bakal berkoalisi dengan rakyat.

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in PDIP Tak Risau Ditinggal Sendiri di Pilkada Jakarta: Kita akan Berkoalisi dengan Rakyat
Tribunnews/Fransiskus Adhiyuda
Mantan Gubernur Jawa Tengah yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo -  PDI Perjuangan (PDIP) tinggal seorang diri setelah 12 partai menyatakan dukungan terhadap mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Politisi PKS, Suswono di Pilkada DKI Jakarta 2024. Ganjar Pranowo mengatakan, bila pada akhirnya tidak bisa mencalonkan siapa pun di Pilkada Jakarta, partainya akan berkoalisi dengan rakyat. 

TRIBUNNEWS.COM - PDI Perjuangan (PDIP) tinggal seorang diri setelah 12 partai menyatakan dukungan terhadap mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Politisi PKS, Suswono di Pilkada DKI Jakarta 2024. 

Hanya PDIP, partai yang memiliki kursi di DPRD DKI Jakarta yang tak masuk dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Namun, partai berlambang banteng itu tak memiliki cukup kursi untuk bisa mengusung bakal calon gubernur dan wakil gubernur sendiri.

Ketua DPP PDI Perjuanan (PDIP) Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Ganjar Pranowo mengatakan, bila pada akhirnya tidak bisa mencalonkan siapa pun di Pilkada Jakarta, partainya akan berkoalisi dengan rakyat.

"Kalau kita tidak bisa mencalonkan karena tidak ada teman (koalisi) ya kita akan berkoalisi dengan rakyat," kata Ganjar di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024).

Ganjar menuturkan bahwa partainya pilih tak ambil pusing setelah tak disisakan satu partai pun untuk berkoalisi dengan PDIP

Menurutnya, hal itu sudah biasa dalam dinamika politik. 

BERITA TERKAIT

"Kan kalau sudah desainnya seperti ini, ya kita terima saja. Jadi menurut saya biasa saja," ucap Ganjar. 

Ganjar yakin partainya juga masih mampu terlibat aktif dan berperan strategis di Jakarta melalui anggota legislatifnya yang duduk di DPRD.

Menurut Ganjar, mereka akan menjalankan perannya sebagai pengawas para ekskutif yang menjabat di pemerintahan.

"Fungsi berikutnya di dalam pemerintah adalah DPRD dan DPRD bisa melakukan sesuatu yang optimal untuk rakyat," ungkap Ganjar.

Baca juga: Jalan Buntu Anies di Pilkada Jakarta, meski Unggul di Survei Terkini

Senada dengan Ganjar, Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat, mengatakan bahwa partainya akan tetap terus berjuang bersama rakyat yang menginginkan kontestasi Pilgub Jakarta ini diikuti oleh banyak calon. 

"Kami akan posisi itu dan kami akan selalu bersama dengan rakyat yang mana rakyat menginginkan ada pilihan-pilihan yang sehat di dalam pertarung kontestasi kepala daerah, utamanya di Jakarta," Kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024). 

Diketahui, Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil dan Suswono sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas