Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebut Jakarta Kota Terpolusi Nomor 3 di Dunia, Suswono: Semua Jalan Harus ada Pohon

Mantan Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga menyoroti soal ketersediaan pangan di Jakarta

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Sebut Jakarta Kota Terpolusi Nomor 3 di Dunia, Suswono: Semua Jalan Harus ada Pohon
Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan  
Bacawagub Jakarta, Suswono (tengah) saat menyampaikan sambutannya usai mendapat dukungan dari Partai Gelora untuk maju di Pilkada 2024 bersama Ridwan Kamil, Selasa (27/8/2024) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jakarta, Suswono menyinggung soal polusi udara di Kota Jakarta yang disebutnya sudah menempati urutan ketiga di dunia.

Hal itu Suswono ungkapkan usai dirinya bersama Bacagub-nya yakni Ridwan Kamil menerima surat dukungan dari Partai Gelora di Kantor DPN Partai Gelora, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024) siang.




Terkait hal ini, Suswono pun lantas berencana menanamkan pohon di setiap jalan untuk mengatasi polusi udara yang disebutnya kian parah.

"Kita sudah sepakat bagaimana supaya digabungkan dengan arsitektur yang bagus sehingga Jakarta asri. Tadi saya sudah ditugaskan semua jalan di Jakarta harus ada pohon," kata Suswono.

Selain itu, mantan Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga menyoroti soal ketersediaan pangan di Jakarta.

Baca juga: Partai Kebangkitan Nusantara Dukung Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta

Menurut dia, ketersediaan pangan di Jakarta dianggapnya penting agar kedepan harga-harga yang didapati masyarakat tak terlalu tinggi.

BERITA TERKAIT

"Agar tidak terjadi fluktuasi harga yang memberatkan bagi warga Jakarta," kata dia.

RK Bakal Sulap Utara Jakarta Serupa Dubai

Terkait program kerja ini sebelumnya Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Ridwan Kamil sesumbar bakal menyulap wilayah bagian utara Jakarta serupa Dubai di Uni Emirate Arab (UAE).

Keinginannya menjadikan wilayah utara Jakarta serupa Dubai menyusul rencana program pembangunan infrastruktur yang hendak ia laksanakan, salah satunya pembuatan Giant Wall.

"Ada sekitar 70-an program dari mulai infrastruktur raksasa menahan banjir di utara dengan kawasan Giant (Sea) Wall-nya. Nah nanti Dubainya Jakarta ada disana," ucap Ridwan Kamil di Kantor DPN Partai Gelora, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024).

Selain program untuk wilayah Utara, Emil sapaan akrabnya menyebut telah menyiapkan program untuk mengatasi banjir di Selatan hingga soal aglomerasi di wilayah Jabodetabek.

Khusus untuk aglomerasi, Emil mengaku sudah paham betul terkait hal itu lantaran dirinya pernah menjadi Gubernur Jawa Barat yang beberapa wilayahnya masuk kawasan tersebut.

"Kami paham betul 4 juta warga yang malam hari tidak tinggal di Jakarta tapi siang hari bekerja di sini. Menunjukan kerjasama di 5 tahun ke depan harus sangat lebih bermaslahat lagi," tuturnya.

Selain itu RK juga menyebut bahwa dirinya bersama Suswono telah mempunyai segudang pengalaman untuk bisa maju di kontestasi Pilkada Jakarta.

Oleh sebabnya ia meyakini kolaborasi mereka berdua akan menghasilkan Jakarta menjadi lebih baik dalam kedepannya.

"Selain kombinasi usia, kombinasi pengalaman dalam pemerintahan. Jadi semua dimensi harus terwadahi oleh kapasitas kami berdua," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas