Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Daftar Cagub-Cawagub Pilkada 2024 di Pulau Jawa: Ada Pramono-Rano di Jakarta, Khofifah-Emil di Jatim

Berikut daftar cagub-cawagub Pilkada 2024 di Pulau Jawa yaitu dari Pramono-Rano di Jakarta hingga Khofifah-Emil di Jatim.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Sri Juliati
zoom-in Daftar Cagub-Cawagub Pilkada 2024 di Pulau Jawa: Ada Pramono-Rano di Jakarta, Khofifah-Emil di Jatim
Kolase Tribunnews.com
Pasangan Pramono Anung dan Rano Karno yang akan berkontestasi di Pilkada Jakarta (kanan). Sementara Khofifah Indar Parawansa dan pasangannya Emil Dardak akan bertarung di Pilkada Jatim. 

TRIBUNNEWS.COM - Pendaftaran calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Pilkada 2024 ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Pulau Jawa telah ditutup pada Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WIB.

Beberapa kejutan terkait calon yang diusung pun terjadi seperti pengusungan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata sebagai cagub yang berpasangan dengan aktris, Ronald Surapradja di Pilkada Jabar 2024 oleh PDIP.

Padahal, di detik-detik terakhir, muncul rumor bahwa PDIP akan menduetkan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono.




Selain itu, di Banten, kejutan lain terjadi ketika Partai Golkar akhirnya mengusung mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dua periode, Airin Rachmi Diany yang berduet dengan Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi.

Adapun Golkar sebelumnya sempat telah memberikan dukungan ke pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah yang diusung oleh 10 partai yang mayoritas tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Kejutan tak cuma sampai di situ ketika di Jakarta, PDIP justru mengusung Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab), Pramono Anung yang berduet dengan Rano Karno.

Senada dengan di Pilkada Jabar, padahal PDIP dirumorkan akan mengusung Anies dan berduet dengan Rano Karno.

BERITA TERKAIT

Pramono-Rano pun akan bertarung dengan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) yang berpasangan dengan Ketua Majelis Pertimbangan PKS sekaligus eks Menteri Pertanian era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Suswono.

Adapun RK dan Suswono diusung oleh 13 partai politik (parpol), sedangkan Pramono-Rano hanya didukung oleh PDIP saja.

Baca juga: Pilgub Jatim 2024: Arena Pertarungan 3 Cagub Perempuan, Berikut Profil Singkat Mereka

Selain itu, calon independen yaitu Dharma Pongrekun-Kun Wardana akan turut bertarung di Pilkada Jakarta 2024 setelah sempat tersangkut kasus dugaan pencatutan KTP warga Jakarta.

Namun, akhirnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta memutuskan Dharma-Kun tidak terlibat dalam pencatutan KTP tersebut.

Selengkapnya berikut daftar cagub-cawagub di Pilkada 2024 di tiap provinsi di Pulau Jawa.

- Banten

  • Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi
  • Andra Soni-Dimyati Natakusumah

- Jakarta

  • Pramono Anung-Rano Karno
  • Ridwan Kamil-Suswono
  • Dharma Pongrekun-Kun Wardhana
Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas