Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Pusat Lewat Kemen PU Akan Bangun Rusun Untuk Antisipasi Banjir Jakarta

Rusunawa ini rencananya untuk menampung warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung dan wilayah lain yang menjadi langganan banjir

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pemerintah Pusat Lewat Kemen PU Akan Bangun Rusun Untuk Antisipasi Banjir Jakarta
KOMPAS/AGUS SUSANTO
Luapan Kali Ciliwung memutus jalur kendaraan di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Rabu (22/1/2014). Luapan Kali Ciliwung juga memutus jalur kendaraan di Jalan Otista, Jakarta Timur dan Jalan KH Abdullah Syafei, Jakarta Selatan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum bersama Pemerintah Provinsi DKI sedang menyusun program bersama di bidang permukiman, sekaligus mendukung upaya menanggulangi banjir jangka panjang. Satu program yang akan dilakukan adalah membangun Rusunawa Jatinegara Barat.

"Rusunawa ini rencananya untuk menampung warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung dan wilayah lain yang menjadi langganan banjir,” ujar Dirjen Cipta Karya Imam S Ernawi, Kamis (13/2/2014).

Pembangunan Rusunawa tersebut meliputi 2 (dua) buah menara 16 lantai dengan jumlah 546 unit sarusun dengan luas unit 30 m2, untuk menampung 546 Kepala Keluarga.

Rusunawa Jatinegara Barat direncanakan selesai pada bulan Desember 2014, bahkan kalau bisa dipercepat, dan saat ini sudah mulai pekerjaan loading test untuk persiapan pekerjaan pondasi di lapangan yang diperkirakan selesai tanggal 26 Februari 2014 ini.

Biaya keseluruhan yang dibutuhkan sesuai kontrak adalah sebesar Rp.160.242.510.000. Imam mengungkapkan harapannya agar pembangunan Rusunawa Jatinegara Barat dapat menjadi salah satu solusi untuk Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan banjir di Jakarta.

"Kami harap, Rusun Jatinegara Barat dapat mendukung program Pemprov DKI dalam merelokasi warga yang tinggal di bantaran kali Ciliwung yang selama ini selalu terkena dampak banjir”. ungkap Imam.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas