Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Disarankan Buat Aturan Jelas Tentang Transportasi Berbasis Online

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Arief Poyuono.

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Pemerintah Disarankan  Buat Aturan Jelas Tentang Transportasi Berbasis Online
Tribunnews.com/Glery Lazuardi
Sarali korban sweeping pengemudi angkutan darat. Hari ini, Selasa (22/3/2016) ribuan pengemudi yang tergabung dalam Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) dan Forum Komunikasi Masyarakat Penyelenggara Angkutan Umum melakukan aksi. Mereka menuntut pemerintah menutup aplikasi angkutan online yang menggunakan mobil plat hitam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Sarana transportasi memang sangat dibutuhkan oleh masyrakat, terutama masyarakat diperkotaan besar seperti Jakarta. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Arief Poyuono.

Dikataan, munculnya moda transportasi online seperti Uber Taxi ,Grab, dan Gojek adalah sebuah moda transportasi yang memanfaatkan teknologi informatika.

Persoalannya bukan moda transportasi yang hanya mengedepankan tarif yang murah dan mudah diakses melalui jaringan internet oleh Masyrakat.

"Yang terpenting dalam moda transportasi adalah pelayanan transportasi yang berbasis safety transportation bagi masyrakat.Terutama bagi operatornya,sarana transportasi yang digunakan dan masyrakat pengunanya," ujar Arief," Selasa (22/3/2016).

Arief menegaskan, sistim KIR kendaraan umum untuk barang dan manusia sebenarnya adalah sebuah kontrol pemerintah sebagai regulator untuk mengawasi sarana transportasi umum yang digunakan oleh operator.

"Nah apakah Gojek ,Uber Taxi ,Grab dan transportasi berbasis online itu diawasi oleh regulator dengan Sistim kelayakan sarana transportasinya? Jika tidak diawasi oleh pemerintah maka akan berpengaruh dengan keselamatan pengunanya," Arief menegaskan.

"Jadi pemerintah jangan seperti seperti orang dungu kalau transportasi berbasis online itu itu merupakan pelanggaran UU transportasi," tegas Arief lagi.

BERITA TERKAIT

Jika memang transportasi berbasis online mau dilegalkan, lanjut Arief, silahkan saja dibuat aturan yang jelas Dan tidak diskriminasi dengan àngkutan umum yang konvensional

Oleh karena itu Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu Mendukung penuh aksi supir Taxi. Saya ingatkan jangan sampai aksi ini berujung pada kerusuhan," punkgas Arief yang tak lain Ketua Umum Pederasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu ini. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas