Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasca-penggusuran, 15 Ton Lumpur Diangkut dari Pasar Rumput Setiap Hari

Enam alat berat berupa eskavator dioperasikan untuk mengangkut lumpur dari dasar kali Krukut, Penjaringan, Jakarta Utara.

Penulis: Yurike Budiman
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pasca-penggusuran, 15 Ton Lumpur Diangkut dari Pasar Rumput Setiap Hari
Tribunnews.com/Yurike Budiman
Salah satu alat berat yang digunakan untuk mengangkut lumpur di Kali Krukut, kawasan Pasar Ikan Penjaringan, Kampung Aquarium, Jakarta Utara, Kamis (14/4/2016). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yurike Budiman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Enam alat berat berupa eskavator dioperasikan untuk mengangkut lumpur dari dasar kali Krukut, Penjaringan, Jakarta Utara.

Pasca-penggusuran kawasan Pasar Ikan Penjaringan, Senin (11/4/2016) lalu, pengerukan lumpur yang dilakukan oleh Dinas Tata Air DKI Jakarta ini mampu mengangkut 15 ton lumpur.

Petugas Dinas Tata Air DKI Jakarta, Suryono, mengatakan lumpur tersebut nantinya akan ditaruh di sebuah beton berbentuk bulat yang di dalamnya berisi lumpur tersebut.

Lokasinya berada di kawasan PLTU Ancol.

"Setelah sampai, diletakkan di sana nanti akan mengeras menjadi tanah. Itu kan sebenarnya sepanjang pantai Jakarta tanahnya berasal dari lumpur hasil pengerukan sungai. Pantai Marina, Pantai Indah Kapuk itu tanah reklamasinya dari lumpur," tutur Suryono.

Menurut dia, selama ini tidak ada kendala dalam pengambilan lumpur sedalam 3 hingga 4 meter tersebut.

BERITA TERKAIT

"Ini masih enam truk yang kita siapkan, kemungkinan akan ditambah karena masih banyak lumpurnya. Kedalamannya sekitar 3 sampai 4 meter," tutur Suryono kepada Tribunnews.com, Kamis (14/4/2016).

Sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI menyiapkan enam truk pengangkut lumpur dan sembilan truk pengangkut puing untuk membersihkan area Pasar Ikan yang terkena revitalisasi Kawasan Wisata Bahari Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas