Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemprov DKI Uji Coba Delman Hias Kembali Beroperasi di Sekitar Kawasan Monas

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menguji coba kembali beroperasinya delman hias di sekitar kawasan Monas, Jakarta Pusat

Editor: Sanusi
zoom-in Pemprov DKI Uji Coba Delman Hias Kembali Beroperasi di Sekitar Kawasan Monas
Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
Delman kembali beroperasi di luar kawasan Monas pada libur Natal kali ini, Senin (25/12/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menguji coba kembali beroperasinya delman hias di sekitar kawasan Monas, Jakarta Pusat. Delman-delman itu baru diperbolehkan beroperasi di luar kawasan Monas.

"Iya, kami sedang uji coba untuk (delman) beroperasi kembali di sekitar Monas," ujar Tinia melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Senin (25/12/2017).

Tinia menjelaskan, delman-delman itu belum boleh beroperasi di dalam kawasan Monas. Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan serta Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan mengkaji terlebih dahulu dampak limpa (air kencing dan kotoran) kuda-kuda itu terhadap lingkungan di dalam Monas.

"Belum boleh kalau dalam Monas," kata dia.

Tinia belum mengetahui sampai kapan uji coba beroperasinya delman di luar kawasan Monas diberlakukan. Biro Perekonomian DKI Jakarta masih membahasnya dengan komunitas delman di Jakarta.

Sambil uji coba, kata Tinia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyusun aturan soal dibolehkannya delman beroperasi di sekitar Monas.

"Aturannya sedang disusun oleh tim terpadu," ucap Tinia.

BERITA TERKAIT

Pada hari libur Natal ini, banyak delman yang dihias menggunakan ornamen Betawi, yakni kembang kelapa, diparkir di luar kawasan Monas. Salah satunya di Silang Monas Tenggara, dekat pos polisi Gambir.

Mereka mengaku sudah mendapat izin dari pengelola Monas. Namun, belum ada izin resmi dari Gubernur Anies.

Salah satu kusir delman, Subur (42), menyebut delman-delman diperbolehkan beroperasi di luar kawasan Monas sejak dua pekan yang lalu.

"Sudah dua minggu. Hari libur boleh, hari besar, tapi hari lain enggak boleh, kecuali Sabtu-Minggu," ujar Subur.

Adapun selama masa kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), delman tidak boleh beroperasi di kawasan Monas.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di Kompas.com, dengan judul: DKI Uji Coba Delman Kembali Beroperasi di Sekitar Kawasan Monas

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas