Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sandiaga Uno Bakal Fasilitasi Pendatang Baru yang Tak Miliki Keterampilan Melalui OK OCE

Meski begitu, Sandiaga mengungkapkan bahwa warga pendatang tetap dipersilakan untuk datang ke Jakarta

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Sandiaga Uno Bakal Fasilitasi Pendatang Baru yang Tak Miliki Keterampilan Melalui OK OCE
TribunJakarta.com/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, saat mengunjungi PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Senin (11/6/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali akan menghadapi satu diantara masalah usai Lebaran nanti, yaitu kaum urban yang ingin mengadu nasib di ibukota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta kepada warga pendatang yang ingin mencari pekerjaan di Jakarta, harus memiliki keahlian dan keterampilan terlebih dahulu.

Baca: Usia 78 Tahun, Nenek Manih Hamil 7 Bulan Usai Dinikahi Pemuda 28 Tahun

"Jadi yang datang ke Jakarta sudah saya sampaikan, jangan datang tanpa ada keahlian khusus. Karena kalau tidak ada keahlian, itu tidak bisa bertahan di Jakarta," ujar Sandiaga di PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Senin (11/6/2018).

Meski begitu, Sandiaga mengungkapkan bahwa warga pendatang tetap dipersilakan untuk datang ke Jakarta.

Ia menjelaskan, pihaknya akan memberikan pendampingan pelatihan melalui program OK OCE kepada warga yang sudah terlanjur datang ke ibukota.

"Kalau kebetulan sudah ada di Jakarta, mereka tidak memiliki keahlian, kita arahkan ke balai-balai kerja untuk tentunya mendapat pelatihan," ujar Sandiaga.

Berdasarkan data yang dihimpun TribunJakarta.com, jumlah pendatang baru ke DKI Jakarta setelah Lebaran 2017 tercatat sebanyak 70.752 orang.

BERITA TERKAIT

Jumlah pemudik mulai H-7 hingga H+2 Lebaran tahun lalu tercatat sebanyak 6.414.304 orang, sedangkan jumlah arus balik ke Jakarta dari H+1 sampai H+9 mencapai 6.485.056 orang, selisih sekira 70 ribu orang.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa usai Lebaran nanti pihaknya akan melakukan pendataan kepada para pendatang baru.

Ia mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta tidak melarang siapapun, khususnya warga pendatang baru yang ingin bertaruh nasib di Jakarta.

Baca: Anies Resmi Tunjuk Johan Romadhon Sebagai Dirut PD Dharma Jaya

Namun ia mengatakan, para pendatang baru nantinya haruslah taat dan patuh pada ketentuan hukum yang ada di Jakarta.

"Jadi sesudah nanti pulang, arus balik muncul, nanti kita pastikan ada pendataan penduduk yang benar. Semua ikuti aturan yang ada," ujar Anies di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (6/6/2018).

Penulis: Nawir Arsyad Akbar

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Sandiaga; Pemprov Akan Fasilitasi Pendatang yang Datang Tanpa Keterampilan Melalui OK OCE

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas