Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Renovasi Terbesar Sepanjang Sejarah Masjid Istiqlal Telan Dana Rp 465,3 Miliar

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan upaya renovasi itu merupakan renovasi terbesar sepanjang sejarah masjid yang berdiri sejak 1961

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Renovasi Terbesar Sepanjang Sejarah Masjid Istiqlal Telan Dana Rp 465,3 Miliar
Tribunnews.com/Glery Lazuardi
Masjid Istiqlal menyalurkan daging hewan kurban melalui lembaga distribusi supaya tepat sasaran. Demikian kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, Minggu (11/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masjid Istiqlal sedang berada dalam tahap renovasi yang menelan biaya Rp 465,3 miliar dan ditargetkan selesai pada 2020.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan upaya renovasi itu merupakan renovasi terbesar sepanjang sejarah masjid yang berdiri sejak 1961 tersebut.




"Ini pertama direnovasi paling besar sepanjang sejarah Istiqlal," kata dia, ditemui di Masjid Istiqlal, Minggu (11/8/2019).

Penambahan area parkir merupakan salah satu fokus pada tahapan renovasi.

Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) merasa area parkir di masjid terbesar di Asia Tenggara kurang luas.

Nasaruddin Umar menjelaskan sebelum dilakukan pembangunan apabila ada acara perayaan hari besar keagamaan di Masjid Istiqlal selalu membuat kemacetan arus lalu lintas di sekitar jalan.

BERITA TERKAIT

Akhirnya, BPPMI berinisiatif untuk menambah area lahan parkir. Nantinya, area lahan parkir akan diperluas menjadi lahan basement atau area bawah tanah sebanyak dua lantai.

"Kami membuat dua lantai di bawah tanah. Diharapkan nanti parkir di Istiqlal ini bisa mengurangi kemacetan di jalanan sekitar Istiqlal," kata dia.

Baca: Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang & Petir, Besok Senin 12 Agustus

Selain itu, pihak BPPMI juga menjadikan Masjid Istiqlal ramah bagi penyandang disabilitas.

Hal ini dilakukan dengan cara menambah fasilitas pendukung untuk membuat penyandang disabilitas mudah untuk beribadah. Salah satu di antaranya dengan menyediakan lift.

Bahkan, bertepatan dengan ibadah Salat Idul Adha pada hari Minggu ini, sebanyak 1000 penyandang disabilitas mendapatkan undangan untuk dapat menunaikan ibadah di masjid tersebut.

"Kami akan buktikan Masjid Istiqlal ini masjid bersama termasuk mereka kawan-kawan disabilitas. Kami berikan tempat yang di depan. Itu satu bukti pemerintah memberikan perhatian kepada masyarakat penyandang disabilitas," ungkapnya.

Dia mengharapkan renovasi masjid akan membuat tempat ibadah umat Islam itu lebih megah dari sebelumnya.

"Dan tahun depan Insya Allah kita akan lihat wajah Istiqlal yang kinclong, seperti masjid besar internasional yang lain insyaallah," tambahnya.

Upaya renovasi itu membuat pintu bagian timur Masjid Istiqlal ditutup menggunakan seng berwarna putih.

Sementara itu, sejumlah alat berat seperti crane tampak melakukan pengerjaan renovasi besar-besaran yang dilakukan pemerintah untuk menyegarkan tampilan masjid berusia 41 tahun tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas