Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemprov DKI Klaim Tak Pernah Tutup-tutupi Perencanaan Anggaran

Saefullah mengatakan sejak awal KUA-PPAS berproses mulai Januari 2019 hingga sekarang, Pemprov DKI tidak pernah menutup-nutupi

Pemprov DKI Klaim Tak Pernah Tutup-tutupi Perencanaan Anggaran
Danang Triatmojo
Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya buka suara soal polemik transparansi Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD Tahun 2020.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan sejak awal KUA-PPAS berproses mulai Januari 2019 hingga sekarang, Pemprov DKI tidak pernah menutup-nutupi tiap tahapannya.

"Saya rasa dari sejak awal ini berproses, tidak ada yang kita tutup-tutupi," ucap dia, dalam konferensi pers di Balairung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

Saefullah menjelaskan, tahapan penyusunan draf anggaran ini dimulai dari bulan Januari-Februari.

Prosesnya diawali dari rembukan, mendengar pendapat dan masukan dari berbagai pihak dari tingkat RW, lurah, camat, lanjut ke tingkat kota administrasi hingga provinsi.

Pemprov DKI menyebut turut mendengar pokok pikiran dari pihak DPRD DKI, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama yang dikompilasi ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Penyusunan RKPD ini ditetapkan pada Juli 2019.

Setelahnya, RKPD tersebut diajukan ke DPRD DKI dalam bentuk draf KUA-PPAS untuk APBD 2020 berupa softcopy maupun hardcopy-nya.

Rancangan KUA-PPAS untuk APBD tahun 2020 sudah disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Ketua DPRD DKI lewat surat pengantar Gubernur pada awal Juli 2019.

Dalam penyusunan APBD 2020, Pemprov DKI berpedoman pada Permendagri Nomor 33 Tahun 2019, serta Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 61 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pergeseran Anggaran Belanja Daerah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas