Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada Penggantian Wesel di Gambir, 45 Perjalanan KRL dari Bogor dan Bekasi Berakhir di Manggarai

Selama proses pekerjaan berlangsung, dari total 281 perjalanan KRL yang menuju Jakarta Kota, ada 45 perjalanan diantaranya yang akan direkayasa

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Ada Penggantian Wesel di Gambir, 45 Perjalanan KRL dari Bogor dan Bekasi Berakhir di Manggarai
Tribunnews
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Daop 1 Jakarta bersama PT KCI memberlakukan rekayasa pola operasi KRL Commuterline sehubungan dengan kegiatan revitalisasi prasarana berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan di Jakarta Kota yang dilakukan secara paralel selama 11 hari mulai 13 - 23 Februari 2020.

Ada dua wesel yang akan diganti di Stasiun Gambir, tepatnya Wesel 11A dan Wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda), dan 4 wesel di Stasiun Jakarta Kota, yaitu Wesel 13B, Wesel 23B1/B2, Wesel 23A1, dan Wesel 43B1/B2 yang akan diganti dengan Wesel Scissor Baru dan Wesel Inggris.

Selama proses pekerjaan berlangsung, dari total 281 perjalanan KRL yang menuju Jakarta Kota, ada 45 perjalanan diantaranya yang akan direkayasa yakni diberlakukan pola operasi berakhir di Stasiun Manggarai.

Dari 45 perjalanan tersebut 25 diantaranya KRL dari Bekasi/Cikarang dan 20 perjalanan KRL dari Bogor/Depok menuju Jakarta Kota.

Baca: Kurangi Antrean KRL, PT KAI Daop I Ganti Wesel Lama di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota

Hal tersebut juga berdampak pada sejumlah KA lainnya yang melintas di Stasiun Manggarai akan mengalami waktu tempuh yang lebih panjang.

Khusus KA Jarak Jauh, beberapa KA keberangkatan Stasiun Gambir akan mengalami perpindahan jalur keberangkatan.

Baca: Bakrie Autoparts Pamerkan Bus Listrik yang Diujicoba Transjakarta

PT KAI Daop 1 juga akan melakukan pengaturan ulang pola pemeriksaan harian pada sarana untuk meminimalisir resiko kelambatan pada perjalanan KA Jarak Jauh.

BERITA REKOMENDASI

Saat ini, di area Daop 1 Jakarta terdapat 1.383 perjalanan KA (perka) yang terdiri dari KA Intercity, KRL, KA Barang, KA lokal, KA Bandara.

Dari angka tersebut, sebanyak 26 persen atau dengan 361 perjalanan KA, yang terbagi atas 281 perjalanan KRL lintas Manggarai - Jakarta Kota dan 80 KA Intercity.

Untuk dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat beraktivitas menggunakan jasa kereta, setiap tahunnya jumlah perjalanan KA terus ditingkatkan melalui Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka). Dengan frekuensi pergerakan KA yang sangat tinggi maka keandalan prasarana wesel sangat penting.

Dadan Rudiansyah, Executive Vice President Daop 1 Jakarta dalam keterangan persnya, Kamis (13/2/2020) menjelaskan, PT KAI Daop 1 Jakarta telah berkordinasi bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan RI dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk tetap memberikan pelayanan terbaik.

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas sejumlah rekayasa pola operasi yang akan dilakukan selama pekerjaan revitalisasi prasarana wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota berlangsung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas