Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Wacana Bioskop Kembali Dibuka Saat Masih Pandemi Covid-19, Begini Tanggapan Polda Metro Jaya

Polda Metro Jaya masih enggan menanggapi terkait rencana bioskop bioskop akan dibuka untuk umum dalam waktu dekat di DKI Jakarta.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Soal Wacana Bioskop Kembali Dibuka Saat Masih Pandemi Covid-19, Begini Tanggapan Polda Metro Jaya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana bioskop CGV yang tutup di Grand Indonesia, Jakarta, Selasa (24/3/2020). Dalam upaya pencegahan penularan COVID-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penutupan sementara kegiatan operasional usaha hiburan dan rekreasi selama dua pekan terhitung tanggal 23 Maret sampai 5 April 2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya masih enggan menanggapi terkait rencana bioskop bioskop akan dibuka untuk umum dalam waktu dekat di DKI Jakarta.

Kepolisian masih menunggu keputusan dari Satgas Penanganan Covid-19.

"Nanti kita masih menunggu kebijakan dari gugus tugas, dalam hal ini kepolisian siap mendukung. Bagaimana teknisnya di lapangan kan belum ada untuk kepastiannya. Kita tunggu aja nanti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Polda Metro Jaya, kata dia, merupakan tim dalam gugus tugas penanganan Covid-19 yang dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Atas dasar itu, pihaknya masih menunggu kajian dari pihak berwenang.

Nantinya, kepolisian baru bisa berbicara terkait skema pengamanan, aturan dan penindakan kepada pengunjung bioskop.

Baca: Rencanakan Buka Kembali Bioskop, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Sebut Anies Baswedan Plin-plan

Baca: Saran Satgas Covid-19 Jika Bioskop di Jakarta Dibuka Lagi, Usia Penonton Dibatasi dan Dilarang Makan

"Kami kan tim gugus tugas ya. Dalam hal ini ketuanya adalah bapak gubernur DKI Jakarta. wakilnya adalah Pangdam dan Kapolda. Itu akan dibicarakan pasti oleh tim seperti apa, apa untungnya apa ruginya. Koordinasi jalan terus, nanti tunggu jadi," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bioskop akan kembali dibuka dalam waktu dekat. Hal tersebut dikatakan Anies usai pembahasan bersama Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan.

BERITA TERKAIT

Dalam pembahasan bersama, Anies merujuk studi dan kajian para pakar di beberapa negara soal pembukaan bioskop di saat pandemi.

Ruang studio sinema dalam bioskop. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berencana membuka kembali bioskop dipertanyakan seorang anggota DPRD DKI Jakarta.
Ruang studio sinema dalam bioskop. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berencana membuka kembali bioskop dipertanyakan seorang anggota DPRD DKI Jakarta. (Kompas.com)

"Jadi 47 negara saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa. Bahkan di Korea Selatan, selama pandemi termasuk puncak pandemi mereka di sana bioskop tidak ditutup," kata Anies saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Dari sana, Pemprov DKI pun melakukan persiapan dan regulasi secara lengkap terkait pembukaan bioskop, dari mulai kualifikasi pengunjung, kewajiban memakai masker, hingga ke aspek infiltrasi udara.

Yang selanjutnya yakni soal pembicaraan dengan para pelaku industri bioskop di Jakarta.

Baca: Bioskop di Jakarta Bakal Dibuka Lagi, Punya Penyakit Penyerta Dilarang Nonton

Baca: Pakar Kesehatan UI Sarankan Rencana Pembukaan Bioskop Ditunda, Ini Alasannya

 

"Para pelaku juga sudah dalam posisi bersiap karena sudah beberpaa waktu ini terutama sejak bulan Juni sesudah DKI memasuki masa transisi para pelaku di sektor ini pun sudah berkomunikasi dekat untuk membahas persiapanya," katanya.

Pihaknya menggarisbawahi kepada para pelaku industri bioskop agar regulasi yang diterbitkan Pemprov DKI soal protokol kesehatan ditaati.

"Kesimpulan pertemuan tadi dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat, sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa resiko yang besar," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas