Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Operasi Lilin Jaya 2021 Digelar, Ribuan Personel Gabungan Disiagakan Jaga Objek Vital DKI

Salah satu poin penting di dalamnya adalah perihal 54.959 objek vital menjadi fokus dalam pengamanan Operasi Lilin Jaya.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Operasi Lilin Jaya 2021 Digelar, Ribuan Personel Gabungan Disiagakan Jaga Objek Vital DKI
dok. Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara Operasi Lilin Jaya 2021 di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (23/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur upacara dalam apel gelar pasukan pengamanan hari libur Natal dan Tahun Baru di Polda Metro Jaya, Kamis (23/12/2021).

Apel gelar pasukan operasi Lilin Jaya 2021 itu juga melibatkan unsur kepolisian dari Polda Metro Jaya, TNI dari Kodam Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI.




Dalam apel tersebut, Anies membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit dalam perayaan natal dan tahun baru.

Salah satu poin penting di dalamnya adalah perihal 54.959 objek vital menjadi fokus dalam pengamanan Operasi Lilin Jaya.

"Ada 54.959 objek vital yang menjadi fokus pengamanan gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara," ujar Anies di Polda Metro Jaya, Kamis (23/12/2021).

Anies juga membacakan amanat Kapolri itu soal gangguan dan kemungkinan ancaman dari kelompok intoleran, radikal, dan teroris pada libur Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Jelang Libur Nataru, Menko PMK Cek Pos Operasi Lilin 2021 di Pelabuhan Merak

BERITA TERKAIT

Hal itu berdasarkan pantauan Polri terkait potensi gangguan kamtibmas menjelang nataru di seluruh Indonesia.

"Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi," lanjut Anies membacakan amanat Kapolri Listyo Sigit.

Tak hanya itu, potensi ancaman berbagai aksi kriminal seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta minuman keras, dan aksi vandalisme fasilitas umum juga menjadi atensi yang diwaspadai.

Operasi Lilin Jaya 2021 akan dimulai hari ini, 23 Desember hingga 10 hari ke depan atau Minggu, 2 Januari 2022.

Sebanyak 177.212 personel gabungan, terdiri dari 103 ribu personel Polri, 19 ribu personel TNI, dan 55 ribu personel pemerintah daerah di seluruh Indonesia yang dilibatkan dalam operasi tersebut.

Khusus di wilayah hukum Polda Metro Jaya, terdapat 8 ribu personel gabungan yang disiagakan menjaga objek vital selama Operasi Lilin Jaya 2021.

"Kekuatan personel akan ditempatkan di 19.464 pos pengamanan dan 1.082 pos pelayanan," ujar Anies.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas