Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Kawasan Bebas Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2022, Kawasan KBT Jakarta Timur Dijaga Aparat

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerumunan saat Tahun Baru 2022, Kawasan KBT, Jakarta Timur ditetapkan sebagai lokasi crowd free night.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jadi Kawasan Bebas Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2022, Kawasan KBT Jakarta Timur Dijaga Aparat
Bima Putra / Tribun Jakarta
Kondisi kawasan Kanal Banjir Timur (KBT) saat malam pergantian tahun baru 2022 di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (31/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerumunan saat Tahun Baru 2022, Kawasan Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur ditetapkan sebagai lokasi crowd free night atau malam bebas kerumunan.

Kasat Lantas Jakarta Timur, AKBP Edy Surasa, mengatakan kerumunan kerap terjadi di kawasan KBT.

Dari kerumunan warga yang sekadar nongkrong, berolahraga, hingga pedagang kaki lima (PKL) biasanya memenuhi kawasan KBT mencakup wilayah Kecamatan Jatinegara, Duren Sawit, dan Cakung.

"Di sini kan banyak kerumunan yang seperti biasa kita lihat para pedagang di sepanjang kawasan. Makanya ditempatkan di KBT," kata Edy di Jakarta Timur, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Antisipasi Kerumunan Jelang Tahun Baru 2022, Sejumlah Jalan di Kembangan Ditutup dan PJU Dimatikan

Selama waktu crowd free night yang berlangsung pukul 22.00-04.00 WIB warga dilarang berkerumun.

Tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 meluas lewat kontak erat.

BERITA REKOMENDASI

Sebanyak 232 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan PPSU dikerahkan untuk menghalau kerumunan warga hingga PKL di sepanjang KBT.

"Atensi pimpinan kawasan KBT ditempatkan pos pantauan. Ada enam titik pengawasan, keseluruhan mulai jam 22.00 WIB sudah tidak ada lagi masyarakat yang mondar-mandir," ujarnya.

Tidak hanya menempatkan personel gabungan dan melakukan penutupan jalan inspeksi KBT menggunakan barrier beton, Edy menuturkan penerangan jalan umum (PJU) juga dimatikan.

Baca juga: Menhub Bangga PT Inka Madiun Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Bila kedapatan masih ada warga yang nekat berkerumun maka petugas gabungan akan mengimbau, dan bila masih membandel akan ditindak jajaran Satpol PP Jakarta Timur.

"Penindakannya nanti kita koordinasi dengan satpol PP yang mendukung. Sifatnya imbauan saja. Tiga hari sebelumnya juga sudah diimbau," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Jadi Kawasan Crowd Free Night, Kanal Banjir Timur Dijaga 232 Personel Gabungan

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas