Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pola Zigzag dan Angka 8 Dihilangkan, Berikut Penjelasan Detail Jalur Ujian Praktek SIM C yang Baru

Korlantas Polri tidak lagi menerapkan pola angka 8 dan zigzag pada jalur yang akan dijadikan ujian praktek pembuatan SIM

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pola Zigzag dan Angka 8 Dihilangkan, Berikut Penjelasan Detail Jalur Ujian Praktek SIM C yang Baru
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Uji coba jalur ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang baru di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023). Kasibinyan Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Faisal Andri Pratomo mengatakan, adapun desain jalur uji praktek SIM yang baru ini merupakan hasil kajian yang telah melibatkan sejumlah pakar. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korlantas Polri akhirnya mengubah kebijakan ujian praktek pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pengendara sepeda motor di seluruh Indonesia.

Adapun dalam kebijakan ini Korlantas Polri tidak lagi menerapkan pola angka 8 dan zigzag melainkan menggunakan pola huruf S pada jalur yang akan dijadikan ujian praktek pembuatan SIM.

Baca juga: Mulai Senin, Ujian Praktik SIM di Seluruh Indonesia Tak Lagi Gunakan Metode Angka 8 dan Zig Zag

Kasibinyan Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Faisal Andri Pratomo mengatakan, adapun desain jalur uji praktek SIM yang baru ini merupakan hasil kajian yang telah melibatkan sejumlah pakar.

"Ini adalah desain sirkuit uji praktik roda dua yang baru. Disini kita mengakomodir dari hasil-hasil yang sebelumnya sudah dilaksanakan dari hasil kajian bersama pakar," ucap Faisal di Satpas Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jum'at (4/8/2023).

Dalam kesempatan itu Faisal juga menjelaskan bahwa dalam tahapan pertama, di lintasan itu terdapat trek lurus dengan panjang 1.600 sentimeter yang dilengkapi sejumlah patok.

Selain itu di tengah lintasan lurus itu juga terdapat rambu traffic light dan dilengkapi tanda yellow box yang dimana hal itu sebagai penanda berhenti kendaraan.

BERITA TERKAIT

"Lintasan lurus ini kita kurangi jumlah patoknya sehingga jarak antara patok 200 sentimeter kini berjarak 250 sentimeter," sebutnya.

Baca juga: Ujian Praktek SIM Motor Angka 8 dan Zig Zag untuk Jakarta dan Sekitarnya Diubah, Ini Penggantinya

Setelah lintasan lurus kemudian pada tahap kedua terdapat lintasan U-Turn atau putar arah yang memiliki lebar sekitar 500 sentimeter.

Ini adalah desain sirkuit uji praktik roda dua yang baru. Disini kita mengakomodir dari hasil-hasil yang sebelumnya sudah dilaksanakan dari hasil kajian bersama pakar

Ukuran U-Turn dalam lintasan itu dijelaskan Faisal juga mengalami perubahan yang tadinya hanya 400 sentimeter menjadi 500 sentimeter.

"Kemudian di etape ketiga yang semula angka 8 diubah menjadi huruf S. Tahapan selanjutnya setelah bentuk S akan kembali ke lintasan lurus, dan kemudian tahap pengereman," ucapnya.

Dengan diubahnya desain lintasan uji SIM C ini, Faisal pun berharap kedepan dapat semakin memudahkan masyarakat dalam proses pembuatan SIM.

"Dan tanpa mengurangi kompetensi yang diharapkan dari calon pemegang SIM. Sehingga keselamatan tetap terjamin," pungkasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas