Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Coretan Dinding Ibu-Anak di Bandung Barat sebelum Jadi Kerangka, Beri Pesan ke Suami jika Nikah Lagi

Berikut adalah pesan coretan di dinding selengkapnya dari ibu dan anak yang ditemukan tinggal kerangka di Bandung Barat.

Penulis: Rifqah
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Coretan Dinding Ibu-Anak di Bandung Barat sebelum Jadi Kerangka, Beri Pesan ke Suami jika Nikah Lagi
TribunJabar.id/Hilman Kamaludin
Rumah tempat kerangka ibu dan anak, Iguh Indah Hayati (55) dan Elia Immanuel Putra (24), ditemukan di kawasan Tanimulya, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (kiri). Pesan yang diduga ditulis Elia untuk ayahnya (kanan).-Berikut adalah pesan coretan di dinding selengkapnya dari ibu dan anak yang ditemukan tinggal kerangka di Bandung Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Ibu dan anak yang ditemukan tinggal kerangka di Bandung Barat, Jawa Barat, meninggalkan pesan melalui coretan di dinding rumahnya yang terletak di Kompleks Tanimulya Indah, RT 10/RW 15, Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, pada Senin (29/7/2024).

Pesan dari Iguh Indah Hayati (55) dan Elia Imanuel Putra (24) itu, berisi kepedihan yang mereka alami sebelum tewas beberapa tahun lalu.

Kerangka keduanya ditemukan oleh suami Iguh bernama Mudjoyo Tjandra.

Salah satu coretan tersebut, berisi tentang keinginan Iguh untuk menjadikan rumahnya sebagai masjid setelah ia meninggal.

Dalam coretan itu juga tertulis, apabila permintaannya itu tak dipenuhi oleh Mudjoyo, Igun menuding suaminya sebagai penjahat karena merebut haknya dan warga setempat.

"Aku minta rumah ini diwakafkan untuk mesjid Tanimulya. Kalau Mudjoyo Tjandra tidak menyerahkan untuk didirikan mesjid di tempat ini, berarti sudah menjadi penjahat karena merebut hak saya dan warga Tanimulya untuk warga RT 10. Pak RT tolong tagih rumah ini dan harus jadi mesjid atas kematian saya."

Coretan lainnya lagi, yakni berisi tentang harapan Igun jika suaminya itu menikah lagi, agar tidak menyakiti istri barunya.

BERITA TERKAIT

"Jikalau kau menikah lagi, aku harap kau jangan menyakiti istri ketiga mu nanti. Aku lihat kau sudah meminang istri baru lagi kan? Yang dari Ciamis yang photo bersamamu itu. Dipajang di FB Hendra Setiawan. Di kolom komentar tertulis mengingat karena kau pernah gagal menjalani hubungan pada istri ke 1 mu yang bernama Leony Maria Theressia."

Sementara itu, coretan pesan dari sang anak, Elia yang berisi tentang curhatannya untuk ayahnya, Mudjoyo.

Elia juga menyinggung perlakuan ayahnya itu yang memilih meninggalkan ibunya.

"Aku hanya minta uang sekolah tapi kau seperti itu. Katanya raihlah cita-citamu setinggi langit, tapi kau tidak dukung aku dengan biaya sekolah. Maafkan aku tidak bisa menjadi anak yang sempurna karena manusia tidak ada yang sempurna. Termasuk istrimu aja kau tinggalkan karena kau menuntut dia menjadi sangat sempurna. Tapi ketahuilah, hanya Tuhan yang sempurna," keterangan pada coretan.

Baca juga: Fakta Pesan di Tembok Diduga Ditulis Ibu dan Anak Sebelum Meninggal, Ditemukan Tinggal Kerangka

Keterangan Polisi

Mengenai coretan di dinding itu, polisi akan menyelidiki lebih lanjut apakah ada hubungannya dengan alasan kematian ibu dan anak tersebut.

"Tulisan-tulisan tangan itu sebagai bukti penunjang, ya. Kita nanti akan mencocokkan antara bukti yang ada di dalam tembok dengan tulisan di dalam buku," ujar Kapolres Cimahi, AKBP Tri Suhartanto, saat ditemui di lokasi, Selasa (30/7/2024).

Tulisan-tulisan tersebut, diduga kuat curhatan atas masalah yang dialami oleh ibu dan anak itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas