Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Delapan Orang Sindikat Jual Beli Bayi di Depok Ditangkap Polisi: Pelaku Jual Anak ke Bali

Pelaku juga memberikan iming-iming uang tunai sebesar Rp10 juta hingga Rp15 juta agar sang ibu bersedia melepaskan bayi yang baru dilahirkan.

Editor: Erik S
zoom-in Delapan Orang Sindikat Jual Beli Bayi di Depok Ditangkap Polisi: Pelaku Jual Anak ke Bali
Pixabay
Ilustrasi Bayi - Polisi menangkap delapan orang sindikat jual beli bayi di Depok, Jawa Barat. Para pelaku beroperasi melalui media sosial (medsos) Facebook 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK- Polisi menangkap delapan orang sindikat jual beli bayi di Depok, Jawa Barat. Para pelaku beroperasi melalui media sosial (medsos) Facebook

Kepala Polres Metro Depok Kombes Pol Arya Perdana menjelaskan, para pelaku memasang iklan dan promosi melalui medsos untuk mencari ibu yang bersedia menjual bayinya.

Pelaku juga memberikan iming-iming uang tunai sebesar Rp10 juta hingga Rp15 juta agar sang ibu bersedia melepaskan bayi yang baru dilahirkan.

Baca juga: Pasangan asal India Jual Bayi Mereka demi Beli iPhone untuk Buat Konten di Media Sosial




“Ini merupakan satu sindikat yang cukup terorganisir karena memang ada iklan yang disiarkan melalui Facebook dengan tujuan mencari ibu atau setiap perempuan yang ingin menjual bayinya,” kata Arya di Mapolres Metro Depok, Senin (2/9/2024).

Bayi yang telah diperoleh para pelaku selanjutnya hendak dikirim ke wilayah Bali dan ditawarkan ke orang-orang yang menginginkan.

Dari harga beli senilai Rp15 juta, pelaku menjual kembali bayi tersebut dengan harga jauh lebih tinggi mencapai Rp45 juta.

Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Metro Depok berhasil mengungkap sindikat jual-beli bayi tersebut pada 26 Juli 2024 lalu.

BERITA TERKAIT

Dari hasil pengungkapan kasus tersebut, pihak kepolisian berhasil mengamankan delapan pelaku lima perempuan dan tiga laki-laki.

Lima pelaku perempuan tersebut bernama Rida Soniawati (24), Apaa Nanillaauliyah (22), Dayanti Apriyani (27), Setyaningsih (24), dan Dahlia (23).

Sedangkan tiga pelaku laki-laki bernama Muhammad Diksi Henrika (32), Ruddy (30), dan I Made Aryadana (41).

Baca juga: Seorang Ibu Tega Jual Bayi yang Baru Dilahirkannya Gara-gara Terlilit Utang Rp 25 Juta

“Bayi-bayi yang dijual ini juga umurnya sangat muda sekali, jadi baru (umur) satu hari itu langsung rencananya akan dibawa ke Bali,” ungkapnya.

“Kita telah menangkap tersangka sejumlah delapan orang mulai dari orang tua bayi, yang di sini ada yang statusnya suami istri, ada juga yang statusnya masih belum suami istri,” sambungnya.

Atas kejahatan yang dilakukan, para pelaku dijerat dengan Pasal 2 UU RI No 21 Tahun 2017 tentang TPPO dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. 

Penulis: Hironimus Rama

Artikel ini telah tayang di Tribundepok.com dengan judul Polres Depok Bongkar Sindikat Jual-beli Bayi Melalui Facebook, 8 Pelaku Diamankan

Sumber: Tribun depok
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas