Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polda Papua Kerahkan 2 Per 3 Kekuatan Amankan Natal

Polda Papua mengerahkan 2 per 3 kekuatan untuk mengamankan perayaan Hari Natal 25 Desember 2011 dan Tahun Baru 2012

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Polda Papua Kerahkan 2 Per 3 Kekuatan Amankan Natal
Sriwijaya Post/Syahrul Hidayat
Seorang prajurit Yonif 142/KJ mencium kening istrinya ketika akan berangkat ke perbatasan Papua melaksanakan tugas negara, di Dermaga Boombaru Palembang, Jumat (9/12). Sebanyak 650 prajuri Yonif 142/KJ diberangkatkan ke perbatasan Papua oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI S Widjonarko menggunakan KRI Amboina. (Sriwijaya Post/Syahrul Hidayat) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Papua mengerahkan 2 per 3 kekuatan untuk mengamankan perayaan Hari Natal 25 Desember 2011 dan Tahun Baru 2012 dari serangan kelompok sipil bersenjata.

"2/3 kekuatan utk pengamanan natal Dan Th baru. Dan 1 per 3 pengamanan dari Mako," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes (Pol) Wachyono, Minggu (18/12/2011).

Wachyono tidak menyebutkan secara rinci jumlah kekuatan yang dimaksud. Namun, Polda Papua beberapa kali mendapatkan bantuan kekuatan brimob menyusul meningkatnya eskalasi di bumi Cendrawasih selama beberapa bulan terakhir.

Menurut Wahcyono, langkah pengamanan dilakukan secara preentif dan preventif, di antaranya dengan melakukan patroli, razia dengan sasaran sajam, handak (bahan peledak) senpi (senjata api), dan narkoba, serta pengamana tempat ibadah, tempat berkumpulnya massa dan obyek-obyek vital.

Sebagaimana diketahui, beberapa bulan terakhir Papua terus memanas dengan berbagai masalah yang ada, mulai penyerangan kelompok separatis OPM kepada warga sipil, polisi, dan TNI, hingga mogok kerja pekerja PT Freeport Indonesia yang mengakibatkan seorang karyawan tewas.

Pada Sabtu (17/12/2011) kemarin, helikopter pengangkut karyawan PT Freeport Indonesia di Tembagapura, ditembaki orang tak dikenal. Seorang warga negara Filipina, Mary Jane Mather, mengalami luka ringan pada bagian leher karena terkena pecahan kaca yang tertembak.

BERITA TERKAIT

"Situasi hari ini di Papua secara keseluruhan kondosif. Diharapkan perayaan Natal dan Tahun Baru bisa berjalan aman dan damai," tukasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas