Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Penjelaskan Kapolri Terkait Kondisi Terkini Papua

Namun, hal sebaliknya yang terjadi, senjata 2 anggota polri dirampas dan terjadi perlawanan.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Ini Penjelaskan Kapolri Terkait Kondisi Terkini Papua
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Kapolri 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Kapolri Jenderal Timur Pradopo menegaskan seorang pelaku yang diduga terlibat dalam rentetan penembakan yang terjadi di Papua berinisial MT dilumpuhkan, Kamis (14/6/2012) sekitar pukul 09.00 WIT.

Dijelaskan, tindakan melumpuhkan MT dilakukan karena pelaku melakukan perlawanan dengan merampas senjata anggota dan dirinya dilengkapi senjata jenis revolver.

Menurut keterangan Kapolri, penggerebekan yang berakhir dengan melumpuhkan MT dari olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Keterangan tiga orang yang diduga terlibat dalam rentetan penembakan yang terjadi di Papua yang sudah ditahan,  berinisial W, V, dan D.

“Kemudian kita kembangkan dari keterangan saksi-saksi lain. Sehingga tadi pagi sekitar jam 9 WIT, tim penyelidik gabungan Mabes dan polda Papua, melakukan langkah0langkah penyergapan,” ujarnya usai pelantikan Menkes, Wamen ESDM, Kepala BKPM, da Kepala BPN, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Timur menegaskan, sebelum dilakukan penyergapan, kepolisian sudah melakukan dialog dan pendekatan kepada MT. Namun, hal sebaliknya yang terjadi, senjata 2 anggota polri dirampas dan terjadi perlawanan.

“Anggota lain melindungi karena sudah mengancam sehingga dilumpuhkan, itulah kejadiannya kurang lebih jam 9 tadi. Dari hasil olah TKP diketemukan dari tubuh korban, yakni senjata pendek, dengan 18 peluru senjata genggam,” ungkapnya.

Pascakejadian, sempat terjadi aksi pembakaran sejumlah kendaraan, dan rumah. Namun, anggota Polri dan dibantu Kodam dan aparat inteligen, kondisi sudah bisa dikendalikan .

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Timur menjelaskan Tim Penyelidik masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan pengembangan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas